Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berkah di Balik Tren Kedai Kopi

Kontribusi usaha kedai kopi pada 2019 diperkirakan mencapai kurang lebih 25% terhadap serapan kopi produksi dalam negeri. 
Kopi rempah/Istimewa
Kopi rempah/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kontribusi usaha kedai kopi pada 2019 diperkirakan mencapai kurang lebih 25% terhadap serapan kopi produksi dalam negeri. 

Menanggapi hal itu, Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan I Gusti Ketut Astawa mengatakan prediksi atas sumbangsih bisnis kedai kopi terhadap serapan kopi produksi dalam negeri saat ini sudah cukup besar. 

Penyebabnya, kata Ketut, serapan kopi dalam negeri tidak hanya diperuntukkan bagi pelaku bisnis kedai kopi melainkan juga industri-industri pengolahan kopi lainnya.

"Menurut kami itu termasuk besar, karena serapan kopi dalam negeri tidak hanya untuk kedai kopi. Dari beberapa informasi teman yang bergerak di kedai kopi lokal, kebanyakan memang menjual kopi asli Indonesia, termasuk Starbucks juga ada menjual kopi Indonesia. Tren kedai kopi akan meningkat sejalan dengan perubahan prilaku konsumen Indonesia, ini akan memberi peluang peningkatan penggunaan kopi lokal," katanya kepada Bisnis.com, Kamis (22/8/2019).

Dalam hal ini, dia menambahkan ada beberapa hal yang perlu dilakukan pelaku usaha agar kontribusi kedai kopi terhadap serapan dalam negeri meningkat. 

Pertama, promosi harus makin gencar dilakukan oleh semua pihak. Kedua, menjaga trust konsumen terkait cita rasa kopi di kedai kopi.

Ketiga, membuat pabrik roasting yang memenuhi standar internasional, sehingga industri kopi Indonesia bisa dikenal di dunia dan terakhir, inovasi dan variasi hasil olahan kopi di kedai kopi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper