Ternyata, Kaesang Percayakan Cita Rasa Awal Racikan Ternakopi ke Lidah Jokowi

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo mengungkap kisah unik sebelum merintis bisnis kopi barunya bertajuk Ternakopi.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 20 Juli 2019  |  19:09 WIB
Ternyata, Kaesang Percayakan Cita Rasa Awal Racikan Ternakopi ke Lidah Jokowi
Kaesang Pangarep - Bisnis/Aziz R

Bisnis.com, JAKARTA — Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo mengungkap kisah unik sebelum merintis bisnis kopi barunya bertajuk Ternakopi.

Minat yang besar pada kopi merupakan awal mula Kaesang mengambil pelatihan sertifikasi barista pada 2018. Lucunya, Kaesang justru tak terlalu sering menikmati kopi, sehingga menjadikan bapaknya sebagai pencicip rasa kopi dengan teknik Cold Brew ini.

"Saya setahun sebelum buka ini, bapak itu justru yang nyobain," ungkap Kaesang dalam peresmian gerai baru Ternakopi dan kedai Mangkokku, yang dirintisnya bersama sang kakak Gibran Rakabuming Raka, Chef Arnold, dan Randy Julius Kartadinata di kawasan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat, Sabtu (20/7/2019).

Kaesang menceritakan, kesempatan membuat resep Ternakopi diperolehnya ketika sedang libur kuliah. Selama liburan itu, setiap hari Kaesang menyuguhkan kopi buatannya ke Jokowi, untuk dicicipi, kemudian dinilai.

Pria yang akrab disapa Kang Pisang ini mengungkapkan Jokowi paling menyukai kopi dengan gula jawa. Tak jarang Jokowi mengkritik selama menjadi pencicip resep kopi Kaesang.

"Ya pernah [dikritik]. Justru kenapa saya butuh satu tahun itu karena saya dikritik terus," ungkap Kaesang diiringi tawa para hadirin.

Menurut Kaesang, kritikan dan penilaian dari bapaknya itulah yang membuatnya terus mencoba menghadirkan resep yang semakin baik. Hingga kini sanggup memulai usaha, dan akhirnya telah membangun 12 gerai yang tersebar di Jabodetabek.

Rencananya, Kaesang akan melebarkan sayap Ternakopi ke 1.000 titik di seluruh Indonesia. Selain itu, resep kopi pun akan senantiasa di-upgrade, bukan lagi hanya biji kopi single origin dari Jawa Tengah melainkan menggandeng petani kopi lokal di wilayah Indonesia Timur.

Owner Sang Pisang ini pun mengungkapkan masih akan fokus menjual Cold Brew di Ternakopi. Alasannya, kopi yang dibanderol dengan harga Rp20.000 ini masih bisa awet dalam beberapa hari, dengan sensasi rasa yang kuat namun tetap aman di lambung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, kaesang

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top