Kementerian ESDM Lelang Tigas Blok Migas Pekan Depan

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan menawarkan tiga wilayah kerja atau blok minyak dan gas bumi eksplorasi dalam lelang tahap III 2019.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 17 Juli 2019  |  09:48 WIB
Kementerian ESDM Lelang Tigas Blok Migas Pekan Depan
Ilustrasi pengeboran minyak lepas pantai. - Bloomberg/Angel Navarrete

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan menawarkan tiga wilayah kerja atau blok minyak dan gas bumi eksplorasi dalam lelang tahap III 2019.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan ketiga blok tersebut akan dilelang pada pekan depan. "Ada tiga blok migas baru semua. Kemungkinan besar kita lelang minggu depan," katanya, Selasa (16/7/2019).

Adapun pemerintah masih merahasiakan wilayah kerja migas mana saja yang akan ditawarkan. Sejauh ini, Kementerian ESDM telah menawarkan lelang blok migas dalam dua tahap.

Arcandra menambahkan penawaran blok migas tersebut merupakan upaya dari pemerintah untuk menemukan cadangan migas baru yang akan dieksplorasi dan eksploitasi pada tahun mendatang.

"Tujuannya supaya ketemu cadangan lagi. Kan sudah lama tidak ketemu cadangan besar," ujarnya.

Sebelumnya, pada lelang tahap I 2019, pemerintah melelang lima blok migas yang terdiri dari dua blok migas produksi dan tiga blok migas yang ada dalam tahap eksplorasi. Untuk blok migas produksi, terdiri dari Blok Selat Panjang dan Blok Selat Kampar, sementara blok eksplorasi terdiri dari Blok Anambas, West Ganal dan West Kaimana.

Dari lelang tahap I 2019, pemerintah hanya melepaskan dua wilayah kerja kepada pemenang, yakni Blok Anambas yang dikelola oleh Konsorsium Kufpec Indonesia (Anambas) BV dan satu blok lainnya adalah Blok Selat Panjang yang dimenangkan oleh Konsorsium Sonoro Energy Ltd – PT Menara Global Energi.

Sementara itu, untuk lelang tahap II 2019,  pemerintah menawarkan empat blok migas. Untuk blok migas eksplorasi, terdiri dari Blok Kutai dan Bone. Sisanya, wilayah kerja yang sudah dilelang pada lelang tahap I 2019, yaitu Blok West Ganal dan West Kampar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
migas, kementerian esdm

Editor : Lucky Leonard

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top