Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Badan Usaha Berebut Proyek Pemeliharaan Jalan Rp1,34 Triliun

Proyek pemeliharaan atau reservasi jalan nasional yakni jalan lintas timur yang memiliki panjang 30 kilometer berada di Sumatra Selatan.
Perbaikan jalan di lintas Sumatra, beberapa waktu lalu.
Perbaikan jalan di lintas Sumatra, beberapa waktu lalu.

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat segera membuka tahap pelelangan proyek kerja sama preservasi jalan nasional di Sumatra Selatan.

Proyek ini akan menjadi yang proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) pertama di bidang jalan bukan tol.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan bahwa saat ini sudah ada enam peserta yang dinyatakan lulus tahap prakualifikasi.

Selanjutnya, dalam waktu dekat, tahap prakualifikasi bakal berlanjut sehingga tahap permintaan penawaran atau request for proposal (RfP). Tahap ini menandai pembukaan proses pelelangan.

Sugiyartanto menerangkan bahwa proyek preservasi jalan nasional ditawarkan sepanjang 30 kilometer di Sumatra Selatan.

Jalan tersebut menjadi bagian dari jalan lintas timur atau jalintim Sumatra. "Bulan ini kita mulai ke tahap request for proposal. Kami harapkan selesai lelangnya tahun ini," ujarnya kepada Bisnis.com, pekan lalu.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, enam peserta sudah dinyatakan lulus prakualifikasi sejak Agustus 2018.

Keenam peserta itu adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan PT PP (Persero) Tbk., konsorsium PT Adhi Karya (Persero) Tbk. dan PT Brantas Abipraya (Persero), PT Nusantara Infrastructure Tbk. dan PT Acset Indonusa Tbk., serta konsorsium PT Sumber Mitra Jaya dan Modern.

Secara umum, badan usaha yang memenangkan lelang akan mengerjakan paket preservasi jalan sepanjang 30 kilometer dengan investasi sebesar Rp1,34 triliun. Pembayaran akan dilakukan jika badan usaha memenuhi standar pelayanan minumum (SPM) yang telah disepakati. Adapun durasi kerja sama akan berlangsung selama 15 tahun.

Jalan nasional yang akan dipreservasi di Sumsel adalah ruas Jalan Sriwijaya Raya (6,30 kilometer), Jalan Mayjen Yusuf Singadekane (5,20 kilometer), Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Prawiranegara (3,10 kilometer), Jalan Soekarno-Hatta (8,32 kilometer), Jalan Akses Terminal Alang-Alang Lebar (4 kilometer), dan Jalan Sultan Mahmud Badaruddin II (2,90 kilometer).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper