Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebijakan Pangkas Waktu Perizinan Ekspor Benih Hortikultura Untungkan Produsen

Kebijakan pemerintah untuk mempercepat proses ekspor benih hortikultura dengan memangkas waktu perizinan di lembaga tersebut dari sekitar 312 jam atau 13 hari menjadi 3 jam dinilai menjadi salah satu pemicu naiknya ekspor sektor tersebut.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kebijakan pemerintah untuk mempercepat proses ekspor benih hortikultura dengan memangkas waktu perizinan di lembaga tersebut dari sekitar 312 jam atau 13 hari menjadi 3 jam dinilai menjadi salah satu pemicu naiknya ekspor sektor tersebut.

Sekjen Asosiasi Perbenihan Indonesia (Asbenindo) Nana Laksana Ranu, mengaku gebrakan pemangkasan proses izin yang dilakukan Kementerian Pertanian tersebut melecut ekspor komoditas benih hortikultura.

“Pasca-pemangkasan waktu tersebut langsung memberikan efek domino bagi pengurusan izin di instansi lainnya, sehingga izin keluarnya bisa ikut lebih cepat. Kebijakan ini sukses menjadi pionir kemudahan pengurusan izin di sektor hulu,” kata Nana Laksana Ranu seperti dikutip dari keterangan resminya, Kamis (4/7).

Selain itu, komitmen pemerintah yang proaktif melayani eksportir dengan cara jemput bola juga dinilai berdampak pada kenaikan ekspor benih hortikultura.

"Ini kan luar biasa. Dampak langsung dari kebijakan tersebut adalah kenaikan ekspor benih hortikultura yang tinggi," sebutnya.

CEO PT Agrikultura Mojokerto, Pinilih Nugrahani menyampaikan produsen benih tanaman hias merasa senang dengan kebijakan pemerintah yang mempermudah proses perijinan ekspor. Diakui Hani pasca mudahnya izin, omset penjualan benihnya saat ini mencapai Rp5 miliar/tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper