Kota Tua Bakal Beli Gedung Rp88 Miliar

Salah satu gedung yang akan dibeli adalah Gedung Dasaad Musin Concern, lokasinya berada tak jauh dari depan Taman Fatahillah. Bangunan ini merupakan gedung tua tak terurus, bahkan nyaris runtuh.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Juli 2019  |  14:47 WIB
Kota Tua Bakal Beli Gedung Rp88 Miliar
Wisata Kota Tua, Jakarta. - JIBI/Veronika Yasinta

Bisnis.com, JAKARTA--Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua merencanakan pembelian bangunan cagar budaya di dalam kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, senilai Rp88 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019.

"Pembelian itu masih melalui proses tahapan dan aturan yang berlaku," kata Kepala UPK Kota Tua Norviadi Husudo, Kamis (4/7/2019).

Menurut Norviadi Husudo, pembelian gedung cagar budaya di kawasan Kota Tua masih melalui penilaian dari Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

Hal itu, menurut dia, karena pada tahap akhir harus ada kesesuaian tentang kesepakatan harga. Dalam penilaian tersebut, kriterianya mencari angka yang nilainya sesuai hingga tidak ada kelebihan dan kerugian negara dalam pembelian gedung cagar budaya itu.

Sebagai gambaran, salah satu gedung yang akan dibeli adalah Gedung Dasaad Musin Concern, lokasinya berada tak jauh dari depan Taman Fatahillah. Bangunan ini merupakan gedung tua tak terurus, bahkan nyaris runtuh.

Tidak banyak yang tahu soal gedung ini. Pada satu sisi terdapat tulisan "Dasaad Musin Concern", lalu di depan terpampang "Daad Musing Building". Gedung ini terlihat masih asli, terlihat jelas usang dimakan waktu dan sudah nyaris roboh.

Konon gedung berarsitektur Eropa dengan style art deco abad 17 ini dibangun pada tahun 1857. Saat ini gedung tersebut membutuhkan perhatian dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Keaslian gedung ini perlu dijaga. Oleh karena itu, kata dia, diperlukan renovasi sesuai dengan aslinya.

Norviadi mengklaim keperuntukannya sebagai perkantoran, kemudian lantai lainnya sebagai ruang publik. "Nantinya, akan digunakan untuk ruang audiovisual. Jadi, diarahkan ke sana dahulu, baru keluar lapangan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kota tua, Cagar Budaya

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top