Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kawasan Industri Subang Akan Terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban?

Kementerian Perhubungan segera mencari tahu tentang rencana pengembangan kawasan industri di Subang, Jawa Barat, untuk diintegrasikan dengan Pelabuhan Patimban.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 03 Juli 2019  |  20:50 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proyek pembangunan Pelabuhan Patimban di Desa Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (9/1/2019). - ANTARA/M Ibnu Chazar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proyek pembangunan Pelabuhan Patimban di Desa Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (9/1/2019). - ANTARA/M Ibnu Chazar

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan segera mencari tahu tentang rencana pengembangan kawasan industri di Subang, Jawa Barat, untuk diintegrasikan dengan Pelabuhan Patimban.

Seperti diketahui, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., PT Perkebunan Nusantara (Persero) VIII, dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) akan membentuk perusahaan patungan (joint venture) untuk mengembangan kawasan industri di atas lahan PTPN VIII dan RNI di Subang. 

Rencana mengembangkan kawasan industri di Kota Nanas sebelumnya juga dikemukakan PT Surya Semesta Internusa Tbk. Perusahaan konstruksi itu ingin membangun kawasan industri seluas 2.000 hektare dengan investasi sekitar Rp1,4 triliun.

"Saya Insyaallah akan cari tahu," ujar Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus H. Purnomo saat dihubungi, Rabu (3/7/2019).

Kepala Satuan Kerja Pembangunan Pelabuhan Patimban Anwar juga mengaku belum mendapat informasi detail soal rencana pembukaan kawasan industri di Subang.

"Tapi, yang pasti Pelabuhan Patimban memang dirancang untuk melayani kawasan industri di timur Jakarta," jelasnya.

Kemenhub sebelumnya menyatakan, kemajuan pembangunan fisik Pelabuhan Patimban tahap I sudah 29%, sedangkan terminal kendaraan sudah 35%. Tahap I mencakup terminal kontainer dengan kapasitas bongkar muat 3,5 juta TEUs dan car terminal 600.000 kendaraan bermotor (CBU).

Soal perkembangan lelang operator pelabuhan, Anwar mengatakan saat ini panitia lelang masih berkoordinasi dengan pihak terkait tentang mekanisme lelang. 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub pelabuhan patimban Kawasan Industri Subang
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top