Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Iklan Rokok Isi 1 dari 3 Papan Reklame di Indonesia

Jumlah titik media luar ruang yang ada di 11 kota di Indonesia pada 2019 mencapai 3.000 titik.
reklame jenis LED/istimewa
reklame jenis LED/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Ada 3.000 titik media iklan luar ruang di berbagai lokasi di Indonesia. Mayoritas media iklan tersebut diisi oleh iklan rokok.

Executive Director Nielsen Watch Leader Indonesia Hellen Katherina menuturkan jumlah titik media luar ruang yang ada di 11 kota di Indonesia pada 2019 mencapai 3.000 titik yang sebesar 33% atau sebanyak 1.249 titik berada di Jabodetabek.

Dari jumlah titik itu, jenis media billboard mendominasi dengan 46%, baliho 18%, LED 13%, bando di JPO 9%, midi 7%, dan signage 6%.

Rokok menjadi kategori produk yang paling banyak beriklan di media luar ruang dengan jumlah titik lebih dari 1.000, disusul oleh layanan online dengan 600 titik dan telekomunikasi dengan 300 titik.

Djarum, Gudang Garam, HM Sampoerna menjadi pengiklan terbesar untuk kategori rokok. Tiket.com, Tokopedia, dan Gojek merajai kategori layanan online dan di kategori Telekomunikasi ada XL, Samsung dan Telkomsel,” katanya.

Menurutnya, proporsi konsumen yang cukup banyak menghabiskan waktu di luar rumah serta bentuk media promosi luar ruang yang makin beragam mengharuskan para pelaku industri tidak hanya cerdik dalam memilih media iklan luar ruang tetapi juga kreatif pada penyajian bentuk promosi media luar ruang.

Terlebih, dua pertiga atau sebesar 67% konsumen menghabiskan waktu 4 jam dan 33 menit di luar rumah pada hari kerja.

Di area Jabodetabek, waktu itu bahkan lebih tinggi karena rerata konsumen menghabiskan 4 jam 45 menit.

Saat beraktivitas di luar rumah, rerata konsumen menghabiskan waktu 1 jam dan 18 menit perjalanan.

“Potensi peluang yang besar bagi para pemilik merek untuk memaksimalkan penggunaan media luar ruang dalam mempromosikan produk mereka karena media luar ruang sangat efektif untuk memasarkan produk. Bisa diakses baik di dalam gedung maupun di gedung, di sarana transportasi umum dan mobil pribadi. Ketika di mal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper