Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Bangun Rumah Nelayan di Gorontalo

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)telah melakukan serah terima kunci unit rumah khusus (Rusus) di kabupaten Tabongo, Gorontalo, pada 11 Juni lalu.
Rumah Khusus nelayan di Gorontalo/Kementerian PUPR
Rumah Khusus nelayan di Gorontalo/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)telah melakukan serah terima kunci unit rumah khusus (Rusus) di kabupaten Tabongo, Gorontalo, pada 11 Juni lalu.

Pembangunan 50 unit rusus tersebut dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana PT. Tunggal Abadi Cemerlang dan menggunakan anggaran senilai Rp5,3 miliar. Rumah tersebut telah dilengkapi dengan jalan lingkungan, saluran drainase, listrik dan air bersih.

Wakil Bupati Boalemo Anas Yusuf dalam sambutannya saat Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Kunci Kepada Penerima Manfaat di Desa Tabongo menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Boalemo sangat bersyukur dengan adanya bantuan rumah khusus untuk para nelayan di daerahnya. 

Menurutnya, rumah merupakan salah satu kebutuhan nelayan yang harus dipenuhi sehingga mereka bisa lebih fokus bekerja mencari ikan di laut.

“Terima kasih atas bantuan hunian MBR di Kabupaten Boalemo dari Kementerian PUPR. Bangunan Rusus ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara Pemkab Boalemo dengan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR,” kata Anas.

Hingga saat ini PUPR telah membangun sebanyak 895 unit rumah khusus (Rusus) di Provinsi Gorontalo yang dilakukan sejak 2015 hingga 2018.

Pembangunan rusus tersebut dilakukan di enam kabupaten/kota berbeda yakni di Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Pohuwato, dan Kabupaten Bonebolango. 

“Rumah khusus adalah program Kementerian PUPR yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan khusus, seperti nelayan,  pemukiman kembali korban bencana/pengungsi, guru, tenaga medis, TNI/Polri dan petugas di daerah perbatasan dan pulau terpencil,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Secara rinci di Kota Gorontalo pada tahun 2015 telah dibangun sebanyak 50 unit Rusus yang diperuntukkan untuk nelayan. Sedangkan di Kabupaten Gorontalo pada tahun 2015 dibangun sebanyak 200 unit rusus untuk nelayan dan 12 unit rusus untuk anggota Polri pada tahun 2015-2016 enam lokasi berbeda.

Di Kabupaten Boalemo, Kementerian PUPR pada  2015 telah membangun sebanyak 10 rusus untuk anggota Polri di dua lokasi berbeda. Selanjutnya pada 2018, telah diselesaikan pembangunan 50 unit rumah khusus untuk para nelayan di Desa Tabongo Kecamatan Dulupi dengan tipe bangunan 28 Coupel dan sudah dalam kondisi siap huni.

Adapun, di Kabupaten Gorontalo Utara, pada tahun 2016 Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan 114 unit rusus di tiga lokasi berbeda yang diperuntukkan bagi anggota TNI sebanyak 12 unit dan 102 unit lainnya untuk nelayan. Selanjutnya pada tahun 2017 dibangun sebanyak 80 unit rusus di dua lokasi berbeda pada Kabupaten Gorontalo Utara yang masing-masing sebanyak 40 unit diperuntukkan untuk nelayan dan daerah tertinggal. Sementara pada tahun 2018 dilanjutkan pembangunan pada kabupaten tersebut sebanyak 50 unit rusus di Kecamatan Monano, Desa Pilohuwata.

Adapun pada 2015 Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 33 unit rusus untuk anggota Polri di delapan lokasi berbeda. Selanjutnya pada 2016 dibangun sebanyak 100 unit rusus dan 2017 sebanyak 50 unit rusus untuk nelayan di dua lokasi berbeda di wilayah kabupaten Pohuwato.

Sementara di Kabupaten Bonebolango, pada 2015 dibangun sebanyak 37 unit rusus untuk anggota Polri yang tersebar di 11 wilayah dan pada 2016 serta 2018 dibangun sebanyak 109 unit rusus untuk anggota Polri dan nelayan di empat lokasi berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Putri Salsabila
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper