JELAJAH JAWA BALI 2019: Tips Mudik Naik Motor

Musim mudik Lebaran tahun ini diwarnai dengan semakin banyaknya pemudik yang menggunakan motor untuk pulang ke kampung halaman.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 03 Juni 2019  |  12:27 WIB
JELAJAH JAWA BALI 2019: Tips Mudik Naik Motor
Pemudik sepeda motor melintas di Jalan Raya Pantura, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). Pada H-3, arus mudik di Jalan Raya Pantura didominasi para pemudik dengan sepeda motor. - Antara

Bisnis.com, BANYUWANGI - Musim mudik Lebaran tahun ini diwarnai dengan semakin banyaknya pemudik yang menggunakan motor untuk pulang ke kampung halaman. 

Tercatat pemudik yang menggunakan motor dari Jawa Barat yang menuju jalur Pantura arteri bagian Brebes sejak Minggu (2/6/2019) hingga Senin (3/6/2019) pukul 08.00 WIB mencapai 71.648 motor. 

Jumlah pemotor juga sebelumnya diakui Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Tanjung Kabupaten Brebes 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat.

Nah, jika ingin pergi mudik naik motor, jangan lupa perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Pakai sarung tangan

Menggunakan sarung tangan bisa membuat pengendara motor terhindar dari terbakar matahari dan tidak cepat kebas.

2. Pakai helm SNI

Kewajiban menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI) bagi pengendara sepeda motor sudah diatur dalam Pasal 57 ayat (1) jo ayat (2) UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta diperjelas di Pasal 106 ayat (8) UU No. 22/2009. Jangan sampai melanggar ya!

3. Pastikan kondisi motor baik 

Jangan lupa cek kelengkapan dan kesehatan motor, pastika lampu dan rem berfungsi baik, spion lengkap dan ban tidak tipis agar tetap aman di perjalanan.

4. Bawa barang secukupnya

Jangan terlalu banyak membawa barang agar tidak menyulitkan pengendara ketika mengendarai motor sehingga tetap aman dan nyaman di perjalanan.

5. Bawa surat-surat kelengkapan berkendara

Yang satu ini tidak boleh ketinggalan, jangan lupa membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Pasti nggak mau ditilang di tengah perjalanan hanya karena tidak bawa surat-surat lengkap.

Tim Jelajah Jawa Bali 2019 (Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Wibi Pratama, Mutiara Nabila, Ni Putu Eka Wiratmini).

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Tim Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top