Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Mudik Sehat, Aman, dan Selamat Ala Dinas Kesehatan

Ketika melakukan perjalanan mudik, kondisi badan harus terjaga tetap sehat dan fit.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 31 Mei 2019  |  10:43 WIB
Ilustrasi - Posko Lebaran yang didirikan oleh Dinas Kesehatan Brebes. Posko serupa dapat juga dijumpai mulai dari Losari, Jembatan Timbang, Pasar Bulakamba, Rest Area Tol Pejagan, hingga ujung Brebes. - Bisnis/Tim Jelajah Lebaran Jawa/Bali
Ilustrasi - Posko Lebaran yang didirikan oleh Dinas Kesehatan Brebes. Posko serupa dapat juga dijumpai mulai dari Losari, Jembatan Timbang, Pasar Bulakamba, Rest Area Tol Pejagan, hingga ujung Brebes. - Bisnis/Tim Jelajah Lebaran Jawa/Bali

Bisnis.com, BREBES — Ketika melakukan perjalanan mudik, kondisi badan harus terjaga tetap sehat dan fit. Untuk itu Dinas Kesehatan membuka sejumlah posko mudik di Brebes, Jawa Tengah.

Posko Dinas Kesehatan di Brebes dapat ditemui mulai dari Losari, Jembatan Timbang, Pasar Bulakamba, Rest Area Tol Pejagan, hingga ujung Brebes.

Rohadi, perawat di posko kesehatan jembatan timbang Brebes, menyarankan terutama bagi pengendara motor agar sering-sering beristirahat.

"Pengendara motor kalau bisa istirahat setiap 3 jam sekali. Kalau merasa tidak enak badan langsung kunjungi posko kesehatan terdekat," ungkapnya kepada Bisnis, Jumat (31/5/2019).

Tim paramedis posko mudik Dinas Kesehatan Septi juga menyarankan agar pemudik, terutama yang mengendarai kendaraan agar tidak berpuasa terlebih dahulu. "Kalau perutnya kosong takutnya mengurangi konsentrasi, bisa-bisa bahaya di perjalanan," ucapnya.

Namun, jika ingin tetap puasa, disarankan untuk makan asupan yang cukup, perbanyak minum ketika sahur dan berbuka, dan jangan lupa makan sayur dan buah.

Berikut beberapa tips mudik sehat, aman, dan selamat dari Dinas Kesehatan: pertama, jangan lupa cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan. Kedua, jangan terima makanan dan minuman dari orang tak dikenal. 

Ketiga, jangan buang air kecil atau besar sembarangan dan gunakan toilet yang bersih dan nyaman. Keempat, gunakan masker agar terlindung dari debu. Kelima, makan makanan yang bergizi, keenam, jangan buang sampah sembarangan.


Tim Jelajah Jawa-Bali 2019: Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Wibi Pratama, Mutiara Nabila, Ni Putu Eka Wiratmini


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Jawa-Bali mudik lebaran 2019

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top