Tips Mudik Sehat, Aman, dan Selamat Ala Dinas Kesehatan

Ketika melakukan perjalanan mudik, kondisi badan harus terjaga tetap sehat dan fit.
Tips Mudik Sehat, Aman, dan Selamat Ala Dinas Kesehatan Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali | 31 Mei 2019 10:43 WIB
Tips Mudik Sehat, Aman, dan Selamat Ala Dinas Kesehatan
Ilustrasi - Posko Lebaran yang didirikan oleh Dinas Kesehatan Brebes. Posko serupa dapat juga dijumpai mulai dari Losari, Jembatan Timbang, Pasar Bulakamba, Rest Area Tol Pejagan, hingga ujung Brebes. - Bisnis/Tim Jelajah Lebaran Jawa/Bali

Bisnis.com, BREBES — Ketika melakukan perjalanan mudik, kondisi badan harus terjaga tetap sehat dan fit. Untuk itu Dinas Kesehatan membuka sejumlah posko mudik di Brebes, Jawa Tengah.

Posko Dinas Kesehatan di Brebes dapat ditemui mulai dari Losari, Jembatan Timbang, Pasar Bulakamba, Rest Area Tol Pejagan, hingga ujung Brebes.

Rohadi, perawat di posko kesehatan jembatan timbang Brebes, menyarankan terutama bagi pengendara motor agar sering-sering beristirahat.

"Pengendara motor kalau bisa istirahat setiap 3 jam sekali. Kalau merasa tidak enak badan langsung kunjungi posko kesehatan terdekat," ungkapnya kepada Bisnis, Jumat (31/5/2019).

Tim paramedis posko mudik Dinas Kesehatan Septi juga menyarankan agar pemudik, terutama yang mengendarai kendaraan agar tidak berpuasa terlebih dahulu. "Kalau perutnya kosong takutnya mengurangi konsentrasi, bisa-bisa bahaya di perjalanan," ucapnya.

Namun, jika ingin tetap puasa, disarankan untuk makan asupan yang cukup, perbanyak minum ketika sahur dan berbuka, dan jangan lupa makan sayur dan buah.

Berikut beberapa tips mudik sehat, aman, dan selamat dari Dinas Kesehatan: pertama, jangan lupa cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan. Kedua, jangan terima makanan dan minuman dari orang tak dikenal. 

Ketiga, jangan buang air kecil atau besar sembarangan dan gunakan toilet yang bersih dan nyaman. Keempat, gunakan masker agar terlindung dari debu. Kelima, makan makanan yang bergizi, keenam, jangan buang sampah sembarangan.


Tim Jelajah Jawa-Bali 2019: Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Wibi Pratama, Mutiara Nabila, Ni Putu Eka Wiratmini

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali, mudik lebaran 2019

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top