Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menhub Budi Minta KAI Perketat Pengamanan dan Pengawasan

Menhub meminta PT KAI (Persero) melakukan peningkatan pengamanan dan pengawasan untuk menjamin kelancaran pelayanan kereta api pada masa mudik Angkutan Lebaran.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 27 Mei 2019  |  10:19 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penjelasan saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Jakarta, Jumat (24/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penjelasan saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Jakarta, Jumat (24/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta PT KAI (Persero) melakukan peningkatan pengamanan dan pengawasan untuk menjamin kelancaran pelayanan kereta api pada masa mudik Angkutan Lebaran.


Budi menekankan, pengawasan dan kewaspadaan agar lebih ditingkatkan, khususnya pada daerah-daerah rawan bencana, seperti banjir, longsor, maupun di sekitar perlintasan sebidang sehingga dapat meminimalisir risiko yang mungkin timbul dari peristiwa pada lokasi tersebut.


“Hal yang harus diantisipasi adalah lintasan sebidang, karena dalam kondisi puasa rekan-rekan kita harus sigap dalam melaksanakan tugas," kata Budi, Minggu (26/5/2019).


Dia menambahkan, selanjutnya adalah daerah banjir dan longsor. Terdapat anomali cuaca di beberapa wilayah, sehingga daerah-daerah yang riskan seperti Jawa Barat bagian selatan juga Jawa Timur yang terkadang banjir harus mendapat perhatian.


Pihaknya juga mengapresiasi pendirian posko-posko di daerah rawan bencana tersebut yang telah dilakukan oleh jajaran PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan meminta para petugas bekerja dengan baik untuk menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan kereta.


“Saya berharap seluruh SDM stakeholder perkeretaapian yang bertugas pada daerah-daerah rawan bencana tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik serta sigap dan antisipatif  terhadap potensi kejadian di daerah rawan bencana,” katanya.


Sementara itu, terkait dengan hasil rampcheck yang dilakukan oleh Ditjen KA terhadap kelaikan sarana dan prasarana KA, Budi juga meminta kepada KAI untuk segera memperbaiki fasilitas baik itu sarana dan prasarana perkeretaapian yang perlu diperbaiki dan dipenuhi kelengkapan persyaratannya sesuai peraturan yang berlaku.
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai menhub mudik lebaran 2019
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top