Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Industri Pengolahan Lesu Dinilai Jadi Penyumbang Defisit pada April

Bisnis.com, JAKARTA – Anjloknya ekspor produk industri pengolahan disinyalir menjadi pemicu defisit neraca perdagangan yang mencapai US$2,5 miliar pada April.
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Anjloknya ekspor produk industri pengolahan disinyalir menjadi pemicu defisit neraca perdagangan yang mencapai US$2,5 miliar pada April. Pasalnya pertumbuhan negatif dari industri pengolahan bersumbangsih besar dalam menurunkan nilai ekspor pada April hingga 13,10% secara year on year. 

Deputi Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Yunanti Rusanti mengemukakan,  nilai ekspor industri pengolahan mengalami penurunan yang cukup dalam pada April. Secara year on year, nilainya turun hingga 11,82%. Tak ayal ini membuat pertumbuhan ekspor secara keseluruhan pun sulit terangkat dan tercatat negatif hingga 13,10% secara year on year. 

“Ada hubungannya langsung atau nggak, kita nggak meneliti sejauh itu. Tapi, kemungkinan bisa jadi,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/5). 

Ekspor industri pengolahan merupakan kontributor terbesar yang membentuk total nilai ekspor Indonesia. Porsinya pada April kemarin mencapai 74,77% dari total ekspor pada bulan yang sama. Nilainya sendiri berada di angka US$9,42 miliar. 

 Perhiasan menjadi produk industri yang mengalami penurunan ekspor paling tajam periode yang sama. Di mana BPS mencatat, nilai ekspor perhiasan turun hingga US$339,2 juta pada bulan lalu. 

BPS sempat merilis adanya perlambatan produksi industri besar dan sedang (IBS) pada kuartal I. Tingkat pertumbuhan IBS hanya 4,,45 % dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut melorot dibandingkan tingkat pertumbuhan produksi IBS pada kuartal I/2018 yang secara year on year berada di angka 5,36%. 

Yunita menjelaskan, impor sebenarnya tidak bertumbuh signifikan. Bahkan jika membandingkan nilainya secara tahun, terjadi penurunan. 

“Kalau yang impor kalau dibandingkan dengan tahun lalu, sampai dengan April ini lebih rendah dibandingkan 2018. Nilai-nilainya lebih rendah. Saya bicara total impor,” paparnya. 

Tercatat impor secara tahunan turun 7,24%. Dari posisinya di angka US$60,12 miliar pada periode Januari—April 2018 menjadi US$55,77 miliar pada periode yang sama tahun ini. 

Sebagian besar impor pun tercatat berupa bahan baku dan penolong sebesar 75,09%. Sementara itu, besaran nilai bahan modal mencapai 16,30% dari total impor. Barulah ada kontribusi barang konsumsi sebesar 8,61%. Sekadar informasi, kontribusi impor barang konsumsi ini turun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 9,06%.

Sebelumnya, BPS juga sempat merilis adanya perlambatan produksi industri besar dan sedang (IBS) pada kuartal I. Tingkat pertumbuhan IBS hanya 4,,45 % dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut melorot dibandingkan tingkat pertumbuhan produksi IBS pada kuartal I/2018 yang secara year on year berada di angka 5,36%. 

Melambatnya pertumbuhan industri pengolahan dinilai memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja ekspor nasional. Masalahnya kebijakan industri hingga kini tidak mengalami perubahan berarti. “Sekian tahun industri kita ini mandeg,” ujar Candra.

Buktinya, katanya, saat ini sulit menemukan industri baru yang bisa berkembang. Hal ini menurutnya merupakan dampak dari kebijakan industri nasional yang berpaku pada kebijakan substitusi impor. Padahal bisa jadi kebijakan itu sudah tidak lagi cocok dengan kebutuhan indonesia saat ini. 

Menurutnya, seharusnya Indonesia bisa menjadi bagian dari industri dunia. 

Meski daya saing nasional dikatakan sempat meningkat, Candra menilai keterbatasan pasar turut memperparah lesunya kinerja ekpor ini. 

"Makanya kemarin Kementerian Perdagangan melakukan kerja sama dengan beberapa negara di Amerika Latin jadi memperluas ekspansi pasar, harapannya mungkin itu," katanya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper