PO Lorena Sebut Migrasi Penumpang Pesawat ke Bus Tak Signifikan

PT Lorena Transport Tbk. (LRNA) memproyeksikan ada pergeseran penumpang pesawat ke angkutan bus yang menjadi andalan usahanya selama ini, pada Lebaran 2019 kali ini.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 15 Mei 2019  |  19:44 WIB
PO Lorena Sebut Migrasi Penumpang Pesawat ke Bus Tak Signifikan
Ilustrasi - Bus Karina - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Lorena Transport Tbk. (LRNA) memproyeksikan ada pergeseran penumpang pesawat ke angkutan bus yang menjadi andalan usahanya selama ini, pada Lebaran 2019 kali ini.


Managing Director PT Lorena Transport Tbk. dan Karina Transport Dwi Ryanta Soerbakti memprediksi, ada kenaikan jumlah penumpang yang berbeda dibandingkan dengan kenaikan jumlah penumpang biasanya ketika musim Angkutan Lebaran.


"Prediksi kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan efek dari harga tiket pesawat. Namun, kami prediksi tidak lebih dari 20% kenaikan penumpang," tuturnya kepada Bisnis, Rabu (15/5/2019).


Dia menyebutkan, alasan dari kenaikan hingga 20% tersebut yakni karena sebagian penumpang beralih menggunakan kendaraan pribadi, mengingat tol Trans-Jawa dan Trans-Sumatra sudah beroperasi.


Alasan lain yang membuat peningkatan penumpang terhambat yakni maraknya mudik gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan, BUMN-BUMN serta pihak swasta lainnya.


Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan survei pemudik dari Jabodetabek dengan hasil sekitar 14,9 juta orang atau 44,1% dari total penduduk Jabodetabek yang akan melakukan mudik ke kampung halamannya.


Karakteristik penggunaan moda oleh para pemudik Jabodetabek yang terbanyak adalah menggunakan bus sebanyak 4.459.690 orang (30%) dan mobil pribadi sebanyak 4.300.346 orang (28,9%).Sementara itu, pengguna pesawat diprediksi sebanyak 1.411.051 orang (9,5%).


Sementara itu, total kendaraan pribadi roda empat yang akan keluar dari wilayah Jabodetabek mencapai 1 juta unit kendaraan dengan 40% di antaranya menggunakan tol Trans Jawa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pesawat, Mudik Lebaran, lorena, otobus

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top