AS-Rusia Akan Perbaiki Hubungan

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Rencana itu akan direalisasikan saat keduanya mengikuti pertemuan G20 di Jepang, bulan depan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 14 Mei 2019  |  15:23 WIB
AS-Rusia Akan Perbaiki Hubungan
Presiden AS Donald Trump (kiri) menerima bola sepak dari Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dalam konferensi pers bersama setelah keduanya bertemu membahas sejumlah isu di Helsinki, Finlandia, Senin (16/7). - Reuters/Grigoriy Dukor

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Rencana itu akan direalisasikan saat keduanya mengikuti pertemuan G20 di Jepang, bulan depan.

"Masuk akal [bagi AS] untuk kembali berbaikan dengan Rusia," kata Trump kepada awak media dalam jumpa pers setelah bertemu dengan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban, seperti dikutip melalui Bloomberg, Selasa (14/5/2019).

Hubungan Trump dengan Putin terus menarik perhatian warga AS di tengah upaya anggota parlemen Demokrat untuk menyelidik isu campur tangan Rusia pada pemilu 2016.

Akhir tahun lalu, Trump tiba-tiba membatalkan pertemuan dengan Putin yang rencananya digelar di sela-sela pertemuan G-20 Argentina. Penyebabnya, Rusia menolak untuk melepaskan kapal-kapal dan pelaut Ukraina yang disandera di Selat Kerch.

Belakangan kedua negara memang berupaya untuk memperbaiki hubungan. Kemarin, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga dijadwalkan berkunjung ke Rusia untuk bertemu Putin dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

Namun secara mengejutkan Pompeo membatalkan kunjungan ke Moskow kemarin dan sebaliknya berhenti di Brussels dalam perjalanan ke Sochi dengan agenda membahas ancaman Iran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
AS-Rusia

Editor : Tegar Arief

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top