Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LIPI Kembangkan Bahan Baku Farmasi dari Tanaman Obat

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Pusat Penelitian Kimia LIPI melakukan pengembangan tanaman obat tradisional Indonesia sebagai bentuk kemandirian bahan baku obat tradisonal Indonesia.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 12 Mei 2019  |  01:00 WIB
LIPI Kembangkan Bahan Baku Farmasi dari Tanaman Obat
Peneliti dari Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuat obat tradisional dari berbagai jenis tumbuhan dan buah-buahan di Laboratorium khusus Pembuatan Obat Tradisional di Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (30/4/2019). Dengan Laboratorium itu, peneliti LIPI telah berhasil menciptakan dan mengembangkan obat-obat tradisional dari berbagai jenis tumbuhan dan buah-buahan yang tadinya obat pahit menjadi obat manis untuk diminum tanpa mengurangi khasiat serta tanpa menggunakan bahan pengawet. - ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, SERPONG - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Pusat Penelitian Kimia LIPI melakukan pengembangan tanaman obat tradisional Indonesia sebagai bentuk kemandirian bahan baku obat tradisonal Indonesia.

“Kami mengembangkan ekstrak pace untuk antihipertensi dan antidiabetes, ekstrak jamblang untuk antidiabetes, ekstrak daun sukun sebagai bahan baku herbal penyakit degeratif, ekstrak pegagan dan jahe sebagai antiselulit, bahan baku katekin dari gambir, serta metil sinamat dari minyak lengkuas sebagai bahan baku obat,” jelas Plt. Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI, Raden Arthur Ario Lelono.

Pusat Penelitian Kimia LIPI juga memiliki fasilitas CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) yang dapat dimanfaatkan oleh industri farmasi dan masyarakat.  “CPOTB adalah seluruh aspek kegiatan pembuatan obat tradisional yang bertujuan menjamin agar produk yang dihasilkan senantiasa memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan sesuai dengan tujuan penggunaannya,” jelas Arthur.

Dirinya menjelaskan, fasilitas yang dibuka sejak 2018 ini diharapkan menjadi fasilitas berstandar percontohan yang dapat dimanfaatkan oleh industri obat tradisional, UKM maupun praktisi obat herbal lewat skema kerjasam pengembangan riset.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tanaman Obat LIPI
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top