Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

LIPI Berhasil Kembangkan Biooil dan Bioplastik dari Tandan Sawit

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Pusat Penelitian Kimia berhasil mengembangkan bio-oil dan bioplastik dari pelepah tandan kosong kelapa sawit.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 12 Mei 2019  |  00:00 WIB
Dua peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan proses pembuatan bioplastik berbahan baku tandan kelapa sawit di Laboratorium Kimia LIPI Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (30/4/2019). Dengan ditemukannya plastik berbahan baku tandan kelapa sawit ini nantinya diharapkan mampu mengurang bahaya sampah plastik di Indonesia khususnya dan dunia umumnya, dimana plastik tersebut akan terurai kurang dari 3 bulan yang limbahnya dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.  - ANTARA
Dua peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan proses pembuatan bioplastik berbahan baku tandan kelapa sawit di Laboratorium Kimia LIPI Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (30/4/2019). Dengan ditemukannya plastik berbahan baku tandan kelapa sawit ini nantinya diharapkan mampu mengurang bahaya sampah plastik di Indonesia khususnya dan dunia umumnya, dimana plastik tersebut akan terurai kurang dari 3 bulan yang limbahnya dapat digunakan sebagai pupuk tanaman. - ANTARA

Bisnis.com, SERPONG - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Pusat Penelitian Kimia berhasil mengembangkan bio-oil dari pelepah tandan kosong kelapa sawit.

“Tandan kosong kelapa sawit bisa diproses mendapatkan bio-oil diatas 60% dan berpotensi sebagai bahan bakar kimia cair. Pemrosesannya menggunakan mekanisme termal katalitik,” jelas Plt. Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI, Raden Arthur Ario Lelono.

Bio-Oil membantu industri pengolahan kelapa sawit untuk pengolahan limbah tandan kosong juga membantu penyediaan energi alternatif dari limbah biomassa tandan kosong kelapa sawit sebagai energi terbarukan,” jelas Arthur.

Selain itu untuk pemanfaatan limbah tandan kosong kelapa sawit, Pusat penelitian Kimia LIPI telah mengembangkan bioplastik dari limbah kelapa sawit.

“Tandan kosong kelapa sawit mengandung selulosa, hemiselulosa dan lignin,” jelas Arthur. Menurut Arthur, bioplastik berbasis limbah kelapa sawit ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai pengganti plastik konvensional karena memiliki sifat tahan terhadap air dan kelembaban.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

LIPI
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top