Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waskita Karya Selesaikan Pembangunan Bendungan Gondang

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Waskita Karya (Persero) Tbk. sebagai kontraktor telah menyelesaikan Bendungan Gondang yang berlokasi di Sungai Garuda, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk. sebagai kontraktor telah menyelesaikan Bendungan Gondang yang berlokasi di Sungai Garuda, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Bendungan yang merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dan telah diresmikan operasionalnya oleh Presiden RI Joko Widodo.

Konstruksi Bendungan Gondang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk sejak tanggal 30 Mei 2014 dengan nilai kontrak Rp 595 miliar meliputi pekerjaan coverdam, inlet terowongan, outlet terowongan, bendungan utama, spillway, tower intake, landscaping, dan mekanikal elektrikal.

Bendungan Gondang yang memiliki kapasitas tampung 9,15 juta meter3 dibangun untuk memenuhi kebutuhan air baku ibu kota Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen dengan debit 200 liter per detik bagi 200.000 jiwa, dan irigasi lahan pertanian seluas 4.680 hektar.

Director of Operation III PT Waskita Karya (Persero) Tbk Fery Hendriyanto mengatakan bendungan ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik mikrohidro 0,2 MW, destinasi wisata dan menjadi konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Garuda.

"Dengan adanya suplai air dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya dapat satu kali tanam setahun, diharapkan nantinya akan bisa 2-3 kali tanam“, ungkapnya melalui siaran resmi yang diterima Bisnis, Jumat (3/4/2019).

Turut hadir dalam acara peresmian ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Bupati Karanganyar Juliyatmono, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hary Suprayogi, Director of Operation III PT Waskita Karya (Persero) Tbk Fery Hendriyanto, SVP Infrastructure 3 Division PT Waskita Karya (Persero) Tbk Aris Mujiono, dan VP Infrastructure 3 Division PT Waskita Karya (Persero) Tbk Norman Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper