Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Swasta Minta Jaminan Jika Dilibatkan Kelola Transportasi Jabodetabek

CEO Toll Road Business Group Astra Infra Kris Ade Sudiyono menyatakan, dibutuhkan adanya kebijakan dan leadership yang baik jika pemerintah ingin melibatkan swasta dalam program pengembangan transportasi di wilayah Jabodetabek.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 02 Mei 2019  |  10:52 WIB
Ilustrasi - Pekerja beraktivvitas di proyek LRT di Jakarta, Selasa (29/8). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Ilustrasi - Pekerja beraktivvitas di proyek LRT di Jakarta, Selasa (29/8). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - CEO Toll Road Business Group Astra Infra Kris Ade Sudiyono menyatakan, dibutuhkan adanya kebijakan dan leadership yang baik jika pemerintah ingin melibatkan swasta dalam program pengembangan transportasi di wilayah Jabodetabek.

Kris menuturkan bahwa keterlibatan swasta dibutuhkan karena keterbatasan anggaran pemerintah. Namun, ada poin-poin penting yang harus diperhatikan pemerintah sebelum melibatkan swasta.

Poin-poin penting yang dimaksud antara lain adalah pernyataan otoritatif dari pemerintah, tata kelola yang baik, dan model bisnis yang jelas.

“Harus ada penegasan di awal yang disebut keputusan politik pemerintah. Tanpa adanya itu, maka swasta akan enggan untuk masuk, karena namanya swasta pasti bicaranya soal bisnis,” ujarnya dalam acara diskusi panel dengan tema Menyoal Masa Depan Sistem Pengelolaan Transportasi Jabodetabek yang diselenggarakan Bisnis Indonesia, Kamis (2/5/2019).

Pada kesempatan tersebutu, Kris juga mendorong otoritas yang mewakili pemerintah dan menjadi penanggung jawab proyek juga harus siap pasang badan jika sewaktu-waktu proyek yang diusulkan atau dijalankan mendapatkan reaksi penolakan dari publik maupun pemerintah daerah.

Dengan demikian, swasta akan lebih merasa aman untuk ikut terlibat dalam proyek pembangunan yang digagas pemerintah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi Bisnis Indonesia 30 Tahun BPTJ-Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top