Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Susi : Kapal Ikan Asing Ilegal Harus Dimusnahkan, Bukan Dilelang

Menteri KKP Susi Pudjiastuti meminta agar kapal ikan asing tetap dimusnahkan bukan dijual.
Sejumlah kapal asing yang tertangkap pihak berwenang siap untuk ditenggelamkan di perairan Natuna, Kepulauan Riau./Antara
Sejumlah kapal asing yang tertangkap pihak berwenang siap untuk ditenggelamkan di perairan Natuna, Kepulauan Riau./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan bahwa perang melawan Illegal Unreported and Unregulated (IUU) Fishing di Indonesia tidak akan berhenti.

Secara tegas dia meminta agar memusnahkan semua kapal pelaku kriminal Ilegal Fishing yang dirampas oleh negara, bukan melelangnya demi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Kebijakan kita satu, kapal ikan asing yang tertangkap, pasti ditenggelamkan. Jadi kalau ada lelang KIA [Kapal Ikan Asing], itu sebenarnya kebijakan yang merugikan kita ,” tegasnya dalam gelaran konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019).

Dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Susi mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo tegas dalam pemberantasan IUU Fishing ini dan menjadi bagian integral dari upaya mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dan konsep pembangunan laut untuk masa depan bangsa.

Untuk itu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan terus melakukan tindakan penenggelaman pelaku IUU Fishing terhadap kapal ikan asing (KIA).

Hadir dalam konferensi pers Koordinator Staf Khusus Satgas 115, Mas Achmad Santosa, Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Laksdya TNI (Purn) Widodo dan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Agus Suherman.

Dalam akun twitter @susipudjiastuti bahkan dengan tegas Susi meminta kepada Jaksa Agung dan Ketua Mahkamah Agung agar semua tuntutan, putusan , proses banding Illegal Fishing tetap dimusnahkan. 

Dia meyakini bahwa adanya lelang kapal pelaku illegal fishing berpotensi membuat kapal tersebut digunakan kembali untuk kejahatan serupa.

“[Kapal pelaku illegal fishing] dilelang dengan harga masuk negara hanya 100, 200, hingga maksimal Rp500 juta. Sementara keuntungan mereka Rp1-2 miliar dari sekali melaut dengan mencuri di wilayah Indonesia. Secara hitungan ekonomi mereka masih untung dibandingkan dengan PNBP dari hasil lelang,” lanjut Menteri Susi.

“Oleh karena itu, banyak kita temukan kapal residivis yang tertangkap kembali."

Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dihasilkan dari pelelangan kapal dinilai terlalu kecil tidak sepadan dengan kerugian ekonomi, risiko keselamatan petugas patroli dan kebanggaan sebagai bangsa yang berdaulat.

Untuk itu, ia menginginkan agar KIA asing yang ditangkap dirampas negara untuk dimusnahkan.

“Makanya saya tidak pernah setuju dengan kebijakan lelang untuk KIA ini. Dengan banyak sekali kejar mengejar dan mereka mencoba intimidasi dan tabrak kapal kita. Itu tidak worth it kalau kapal-kapal itu kita lelang sekadar untuk mendapatkan PNBP. Ini akan mengurangi ketegasan dan tekad kuat kita di mata para pelaku IUU Fishing,” jelas Menteri Susi.

“Kita akan meneruskan sikap tegas untuk memperkuat deterrent effect [efek jera] kita. Yang perlu kita lakukan saat ini adalah ketegasan dan soliditas sesama aparat penegakan hukum di laut,"

"KKP akan terus lakukan patroli intensif. Saya sudah berbicara dengan Panglima TNI akan melakukan latihan gabungan dan patroli gabungan secara bersama untuk seluruh apgakum laut khususnya untuk pengamanan di laut Natuna."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper