Waduh, Truk ODOL Bebas Melenggang di Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

Hampir dua bulan beroperasi, jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar mulai diramaikan angkutan truk barang yang diduga melebihi muatan.
Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019
Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019 - Bisnis.com 30 April 2019  |  13:10 WIB
Waduh, Truk ODOL Bebas Melenggang di Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
Truk-truk sarat muatan (ODOL) bebas lalu lalang di jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 kilometer tanpa ada perhatian dari petugas. - Bisnis/Tim Jelajah Infrastruktur 2019

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG - Hampir dua bulan beroperasi, jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar mulai diramaikan angkutan truk barang yang diduga melebihi muatan.

Pantauan Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra, truk-truk sarat muatan bebas lalu lalang di jalan tol sepanjang 140,9 kilometer itu tanpa ada perhatian dari petugas. Angkutan truk yang dijumpai disinyalir membawa muatan dan dimensi berlebih atau overdimension overload (ODOL).

Sedikitnya ada 35 ruk yang diduga ODOL melintas di antara Gerbang Tol Sidomulyo dan Gerbang Tol Natar. Sebagian besar truk yang sarat muatan melebihi kapasitasnya berjalan lambat di lajur kiri.

Padahal, praktik ODOL dilarang dalam sejumlah regulasi, terutama Undang Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tahun 2009. Kementerian Perhubungan juga telah menerbitkan regulasi terkait dengan mekanisme penertiban ODOL, yaitu Peraturan Menteri Perhubungan No.134/2015.

Dalam beleid itu, truk yang kelebihan muatan harus mengalihkan sebagian muatan ke kendaraan kain. Truk akan ditimbang dan baru bisa beroperasi jika muatan berlebih dikurangi sesuai dengan jenis berat diizinkan.

Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) pernah melansir, penertiban ODOL bakal menghemat anggaran perawatan jalan sebesar Rp13 triliun--Rp18 triliun. Praktik ODOL membuat kualitas jalan mengalami degradasi lebih cepat sehingga perawatan harus terus dilakukan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019

Program liputan Jelajah Infrastruktur Trans Sumatra Tahap I ini didukung oleh:

Sumber :

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top