Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Edukasi Jarak Jauh, Solusi Atasi Gap Pendidikan Indonesia

Program tele=teaching ini dapat menjadi program percontohan bagi pendidikan di Indonesia dan dengan Palapa Ring ini diharapkan juga terjadi pemerataan dalam bidang pendidikan.
Peta sistem komunikasi kabel laut Palapa Ring paket barat./Kementerian Komunikasi dan Informatika
Peta sistem komunikasi kabel laut Palapa Ring paket barat./Kementerian Komunikasi dan Informatika

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII – sebagai salah satu Special Mission Vehicles (SMV) Kementerian Keuangan RI – bekerja sama dengan Universitas Trilogi pada hari ini mengadakan kegiatan Edukasi Jarak Jauh (Tele-teaching) kepada 90 guru SD di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau dan Timika, Papua.

Edukasi jarak jauh itu disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhajir Effendy.

Menkominfo RI Rudiantara dalam sambutannya yang ditayangkan secara live dari Timika menyatakan bahwa proyek Palapa Ring hadir untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dalam ketersediaan jaringan internet yang ke depannya akan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Pemanfaatan jaringan Palapa Ring yang dikembangkan oleh Kemenkominfo  ini ditujukan untuk kepentingan masyarakat luas, termasuk salah satunya untuk penunjang dunia pendidikan jarak jauh tersebut.

“Diharapkan dengan ketersediaan jaringan internet yang mengoneksi satu wilayah dengan wilayah lain, dapat turut mendukung program pendidikan nasional, dimana program pengajaran maupun pendidikan untuk guru dan murid dapat dilaksanakan tanpa tatap muka namun melalui koneksi jaringan,” katanya melalui siaran resmi yang diterima Bisnis, Selasa (30/4/2019).

Sementara itu di Universitas Trilogi, Mendikbud RI Muhajir Effendy menyampaikan apresiasinya atas inisiatif PT PII dan Universitas Trilogi atas kegiatan Teleteaching ini, dan menyampaikan terima kasih kepada Menkominfo RI atas tersedianya infrastruktur Palapa Ring yang membantu pendidik dan siswa mengakses informasi secara cepat untuk kebutuhan belajar mengajar.

“Harapan kami kegiatan teleteaching ini menjadi suatu awal dan percontohan bagi institusi pendidikan lain untuk dapat juga menggunakan teknologi Palapa Ring untuk meningkatkan kapasitas tenaga pendidik dan pengajar di semua wilayah di Indonesia” ujar Mendikbud.

Acara Tele-teaching ini diadakan secara langsung di tiga tempat yaitu di Kota Jakarta dan Natuna (Pemanfaatan Proyek Palapa Ring Barat) serta Timika (Pemanfaatan Proyek Palapa Ring Timur).

Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat, dalam kegiatan Tele-Teaching ini, para dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Trilogi memberikan pengajaran singkat kepada guru-guru pengajar Sekolah Dasar (SD) di Natuna dan Timika mengenai Pembekalan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas.

Direktur Utama PT PII Armand Hermawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tele-teaching ini diharapkan dapat menunjukan kepada masyarakat salah satu bentuk nyata dari manfaat skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk Pendidikan di Indonesia.

Hal ini juga tidak terlepas dari dukungan Kementerian Keuangan dan komitmen dari Kementerian Kominfo selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) sehingga proyek Palapa Ring Barat dan Timur dapat dirasakan manfaatnya kepada masyarakat.

“Kami berharap kehadiran sambungan internet yang tersedia di Kepulauan Natuna dan Timika ini dapat memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat terutama untuk pendidikan melalui kegiatan Tele-teaching” jelas Armand.

Pada 3 proyek Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur tersebut, PT PII memberikan penjaminan kepada proyek untuk memberikan rasa aman bagi investor Palapa Ring dan meingkatkan kelayakan proyek dimata perbankan yang membiayai.

Rektor Universitas Trilogi Dr. Sahnaz Ubud berharap kegiatan ini akan terus berjalan karena keberlanjutan dari program ini akan memberikan banyak manfaat baik untuk dosen, guru, maupun mahasiswa dan para siswa.

“Nantinya program ini dapat menjadi program percontohan bagi Pendidikan di Indonesia dan secara umum dengan Palapa Ring ini diharapkan juga terjadi pemerataan dalam bidang Pendidikan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper