Program 1 Juta Nelayan Dipatok Terealisasi Dalam 3 Tahun

Pemerintah optimistis program 1 Juta Nelayan Berdaulat dapat terealisasi sepenuhnya dalam kurun waktu 2 tahun - 3 tahun ke depan.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh - Bisnis.com 29 April 2019  |  18:07 WIB
Program 1 Juta Nelayan Dipatok Terealisasi Dalam 3 Tahun
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah optimistis program 1 Juta Nelayan Berdaulat dapat terealisasi sepenuhnya dalam kurun waktu 2 tahun - 3 tahun ke depan.

Purbaya Yudhi Sadewa, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, mengatakan realisasi tersebut bisa jadi akan berjalan lebih cepat sesuai dengan penyerapan materi pelatihan FishOn oleh para nelayan.

"Sistemnya sih sudah ready semua, sekarang itu tinggal nelayannya [menyerap pelatihan sistem seperti apa]," kata Purbaya di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Purbaya mengatakan, saat ini yang menjadi pilot project dari program 1 Juta Nelayan Berdaulat adalah 210 nelayan di Sukabumi.  "Sekarang para nelayan itu sedang masa pelatihan, mungkin minggu depan sudah mulain turun melaut dengan menggunakan aplikasi FishOn," lanjutnya.

Purbaya menjelaskan aplikasi FishOn merupakan sebuah aplikasi buatan anak bangsa berbasis android dengan fitur di dalamnya berupa deteksi pencurian ikan, pengawetan ikan, penjualan ikan, komunikasi pencatatan hasil tangkapan ikan, panic button untuk permintaan bantuan dalam kondisi darurat, fitur pembayaran elektronik dan fitur belanja kebutuhan sehari hari. 

Selain itu, ada juga fitur penjualan dan manajemen gudang untuk koperasi nelayan, aplikasi lelang ikan online yang menghubungkan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dengan nelayan dan pedagang ikan, serta website penjualan e-commerce ikan.

Dia menilai menggunakan aplikasi FishOn, para nelayan akan memiliki tujuan yang jelas saat akan menangkap ikan sehingga hal itu akan berdampak pada penghematan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) untuk kapal. 

"Ketika nelayan kelaut biasanya mereka kan menggunakan instingnya, nah dengan program 1 Juta Nelayan Berdaulat yang salah satu programnya melengkapi para nelayan dengan aplikasi FishOn di mana salah satu fiturnya adalah menunjukkan letak ikan itu ada di mana, jadi setiap dia melaut jelas arah dan jarak pergi untuk menangkap ikannya di mana, ada penghematan BBM di situ," ujarnya.

Kemudian, kemudahan memasarkan hasil tangkapan melalui fitur yang disediakan di FishOn dinilai Purbaya akan membuat para nelayan lebih cepat menjual ikannya. 

Program 1 Juta Nelayan Berdaulat merupakan program yang memberikan pelatihan kepada sekitar 1.000 orang yang terdiri dari nelayan, ketua rukun nelayan tiap desa/kecamatan, pengurus/petugas koperasi nelayan, petugas TPI, dan pembina nelayan. 

Program ini menargetkan 300 kabupaten/kota wilayah pesisir Indonesia dengan estimasi peserta minimal sebanyak 300.000 nelayan hingga tahun 2019. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
nelayan

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top