Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Kapal Perintis Siap Layani Pemudik dari Jawa Timur

Kementerian Perhubungan memastikan empat kapal perintis siap melayani lonjakan jumlah penumpang di Jawa Timur pada Lebaran 2019, melengkapi kapal penumpang komersial yang ada.  
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 29 April 2019  |  03:01 WIB
4 Kapal Perintis Siap Layani Pemudik dari Jawa Timur
Kapal perintis - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan memastikan empat kapal perintis siap melayani lonjakan jumlah penumpang di Jawa Timur pada Lebaran 2019, melengkapi kapal penumpang komersial yang ada.  

Menurut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Wisnu Handoko, kenaikan jumlah penumpang selalu terjadi selama masa mudik dan balik Lebaran di pelabuhan-pelabuhan di Jatim, seperti Kalianget, Situbondo, Banyuwangi, Kangean, Sapeken, Sapudi, dan Pulau Raas.

Dia mengatakan tiga dari empat kapal perintis yang beroperasi di trayek R-16, R-17, R-18, dan R-19, bahkan sudah diremajakan tahun lalu, yakni KM Sabuk Nusantara (Sanus) 92, Sanus 99, dan Sanus 115.

"Kerja sama dan kreativitas pemerintah daerah mutlak diperlukan dalam mendukung optimalisasi pemanfaatan kapal perintis dan kapal tol laut," ujar Wisnu dalam siaran pers, Minggu (28/4/2019).

Ditjen Hubla, tutur dia, akan mendukung dan memberikan kesempatan kepada Dinas Perhubungan Provinsi Jatim untuk memodifikasi trayek reguler, berupa omisi atau deviasi, jika terjadi lonjakan penumpang di titik-titik pelabuhan tertentu.

Trayek R-16 mencakup rute Surabaya-Masalembo-Keramaian-Masalembo-Kalianget-Sapudi-Kangean-Sapeken-Pagerungan Besar-Sapeken-Tanjung Wangi-Sapeken-Pagerungan Besar-Sapeken-Tanjung Wangi– Sapeken–Pagerungan Besar–Sapeken–Kangean-Sapudi-Kalianget-Masalembo-Keramaian-Masalembo-Surabaya. Trayek ini dilayani oleh kapal KM Sanus 92 dengan berat 1.200 DWT yang dioperatori Pelni. 

Trayek R-17 meliputi rute Surabaya-Masalembo-Keramaian-Matasiri-Maradapan- Marabatuan-Batulicin-Kotabaru-Batulicin-Marabatuan-Maradapan-Matasiri-Keramaian-Masalembo-Surabaya. Trayek itu menggunakan kapal KM Sanus 99 dengan berat 1.200 DWT yang juga dioperatori Pelni. 

Trayek R-18 mencakup rute Surabaya-Kalianget-Kangean-Sapeken-Bulelen-100- Carik-Badas-Bima-Labuhan Bajo-Waikelo-Labuhan Bajo-Bima-Badas-Carik- Buleleng-Sapeken-Kangean-Kalianget-Surabaya. Trayek ini dilayani oleh kapal KM Bukit Patung dengan berat 350 DWT dan kapal pengganti KM Catherine S dengan berat 1.075 DWT yang dioperatori PT Citrabaru Adinusantara.

Trayek R-19 meliputi rute Surabaya-Masalembo-Keramaian-Masalembo-Kalianget- -Sapudi-Kangean-Sapeken-Pagerungan Besar-Sapeken-TanjungWangi-Sapeken-Pagerungan Besar–Sapeken–Kangean-Sapudi-Kalianget-Masalembo-Keramaian- Masalembo–Surabaya. Trayek ini menggunakan kapal KM Sabuk Nusantara 115 dengan berat 750 DWT yang dioperatori Pelni.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran kapal perintis
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top