Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pilpres 2019: Berbagai Harapan dari Pelaku Usaha

Hasil quick count atau hitung cepat Pilpres 2019 menempatkan calon petahana, Joko Widodo dan Amin Ma’ruf bakal menjadi Presiden dan wakil Presiden periode 2019—2014. Ini harapan para pelaku usaha terhadap pemimpin terpilih.
Warga memperlihatkan jarinya yang sudah dicelup tinta, usai mencoblos di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019./Bisnis-Wahyu Darmawan
Warga memperlihatkan jarinya yang sudah dicelup tinta, usai mencoblos di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019./Bisnis-Wahyu Darmawan
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA – Perhelatan akbar pesta demokrasi 5 tahunan, Pemilihan Umum 2019, baru saja digelar, 17 April 2019. Rakyat Indonesia telah memberikan suaranya untuk menentukan siapa presiden dan wakil presiden 5 tahun mendatang, juga siapa yang mewakili di parlemen.

Hasil quick count atau hitung cepat Pilpres 2019 menempatkan calon petahana, Joko Widodo dan Amin Ma’ruf bakal menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019—2014. Memang, di sisi lain, sang penantang Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendeklarasikan diri sebagai pemenang, namun kita tetap akan menanti hasil penghitungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tengah berlangsung.

Atas hasil Pilpres 2019 ini para pelaku usaha menaruh harapan besar terhadap kepemimpinan 5 tahun mendatang. Bisnis.com merangkum harapan dari para pebisnis dan pelaku usaha atas hasil Pilpres 2019 maupun Pileg 2019 ini.

Berikut adalah laporan live yang akan terus kami perbarui untuk bisa jadi referensi pembaca:

10:16 WIB
UU Lembaga Penjaminan Polis Segera Dibahas

“Kami berharap Undang-Undang tentang Lembaga Penjaminan Polis bisa segera dibahas dan disahkan oleh pemerintah dan legislator terpilih. Bagi presiden terpilih, kami berharap bisa mengoptimalkan sektor industri keuangan nonbank, khususnya asuransi dan dana pensiun.”

Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia

00:15 WIB
Perhatikan Kemaslahatan Industri Properti

“Menjadi sangat penting bagi pemerintah terpilih untuk memperhatikan kemaslahatan industri properti karena industri properti merupakan salah satu lokomotif utama untuk menggerakkan perekonomian negara dengan membuka banyak lapangan kerja sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

Hendro S Gondokusumo, Presiden Direktur & CEO PT Intiland Development Tbk.

22:05 WIB
Menjaga Optimisme

“Pemerintah terpilih nantinya diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan optimisme terhadap baiknya prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga dapat menjadikan [persepsi] pasar modal sebagai sumber pendanaan utama, selain perbankan, semakin baik.”

Thendra Crisnanda, Head of Research Institusi MNC Sekuritas

20:13 WIB
Hilangkan Hambatan yang Memperlambat Gerak Pelaku Usaha

"Kami berharap pemerintahan yang terpilih ini betul-betul mendukung sepenuhnya pertumbuhan ekonomi dengan menghilangkan hambatan yang memperlambat gerak pelaku usaha. Jangan dipersulit karena ke depan kompetisi semakin berat.”

Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia

20:24 WIB
Fitch Ratings Berkomentar Seputar Pemilu 2019

Direktur Fitch Ratings, Thomas Rookmaster mengungkapkan terpilihnya petahana, jika dikonfirmasi oleh perhitungan suara resmi KPU, menunjukkan kelanjutan dari kebijakan ekonomi saat ini, dengan fokus pada stabilitas makro, belanja infrastruktur, dan upaya untuk meningkatkan rasio penerimaan pajak pemerintah.

"Dari perspektif rating, fokus kebijakan yang berkelanjutan pada stabilitas makro sangat relevan.  Kebijakan tersebut memang ranah milik Bank Indonesia, tetapi pemerintah telah memainkan peran pendukung selama beberapa tahun terakhir melalui manajemen fiskal yang serta koordinasi kebijakan yang baik," ungkap Thomas.

Hal ini terlihat pada fokus stabilitas makro yang mendukung peningkatan peringkat untuk Indonesia menjadi 'BBB' pada bulan Desember 2017, lanjutnya.

Thomas mengatakan agenda reformasi pemerintah periode 2019-2024 memang masih belum jelas terlihat, namun sejumlah reformasi struktural yang dapat meningkatkan iklim investasi patut dipertimbangkan, misalnya seputar peningkatan pendidikan, undang-undang ketenagakerjaan yang lebih fleksibel, serta kemudahan pengadaan tanah.

"Keinginan pemerintah untuk mendorong reformasi yang menjangkau berbagai macam sektor masih belum jelas terlihat, tetapi hasil awal dalam penghitungan suara menunjukkan adanya dukungan yang cukup, terlihat dari dukungan koalisi yang mendukung Jokowi dalam pemilihan presiden," lanjutnya.

19:04 WIB
Berikan Model Khusus Pembiayaan Ekspor

"Kami berharap presiden terpilih bisa memberikan model khusus pembiayaan ekspor, yang sekarang masih seperti bank tradisional untuk membantu eksportir. Pemerintah yang terpilih nanti diharapkan dapat meningkatkan lobi-lobi ke negara mitra baik tradisional maupun nontradisional."

Benny Soetrisno, Ketua Umum Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia

18:56 WIB
Ekonomi Indonesia Tumbuh Stabil dan Berkesinambungan

“Siapapun presidennya, harapannya tentu perekonomian Indonesia tetap tumbuh stabil berkesinambungan secara merata di seluruh Indonesia. Selain itu sumber saya manusia (SDM) kita juga makin meningkat sehingga benar-benar menghasilkan pertumbuhan yang berkualitas.”

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Rosan P. Roeslani

18:48 WIB
Optimalisasi Infrastruktur untuk Kegiatan Logistik

“Tentunya untuk Presiden terpilih bisa lebih baik lagi, yaitu bagaimana bisa mengoptimalisasi infrastruktur yang bisa mendukung kegiatan logistik termasuk sisi moda transportasinya.”

Yukki Nugrahawan Hanafi, Ketua Asosiasi Logistik Forwarding Indonesia

18:37 WIB
Promosikan Pasar Modal

“Presiden terpilih nantinya agar lebih gencar mempromosikan pasar modal ke kancah internasional. Kita butuh investor-investor [asing] ikut berpartisipasi meramaikan pasar kita."

Samsul Hidayat, Direktur Eksekutif Asosiasi Emiten Indonesia

18:32 WIB
Tingkatkan Rating Investasi

“Siapa pun pemimpin negara yang terpilih nantinya dapat meningkatkan, atau paling tidak mempertahankan, rating investasi yang telah didapatkan oleh Indonesia saat ini.”

Octavianus Budiyanto (Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia)


Penulis : News Writer

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper