Ini Harapan Pelaku Usaha Kawasan Industri untuk Presiden Terpilih

Pelaku usaha di sektor kawasan industri berharap presiden terpilih dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 17 April 2019  |  14:31 WIB
Ini Harapan Pelaku Usaha Kawasan Industri untuk Presiden Terpilih
Petugas berjaga di pelabuhan yang berada di kawasan industri terpadu Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Selasa (8/5/2018). - ANTARA/Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA -- Pelaku usaha kawasan industri berharap presiden terpilih nantinya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi Indonesia.

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar menyampaikan empat harapannya bagi presiden terpilih periode 2019-2024.

Pertama, presiden terpilih diharapkan dapat mewujudkan adanya kesinambungan dan konsistensi kepastian berusaha. Untuk itu, program-program kebijakan dan organ-organ akselerasi pembangunan ekonomi yang sudah berjalan baik hendaknya dilanjutkan.

"Kedua, yang harus diprioritaskan di bidang ekonomi adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki motivasi kerja dan meningkatkan keterampilan kerja untuk mencapai produktivitas yang tinggi agar produk-produk nasional berdaya saing," paparnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (17/4/2019).

Ketiga, sektor kawasan industri diharapkan mendapatkan dukungan untuk membangun kawasan industri baru, baik dari sisi perizinan, pembebasan lahan, maupun infrastruktur atau utilitas industri.

Dukungan ini, lanjut Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi itu, terutama mesti diberikan kepada wilayah di luar Jawa. Dengan demikian, tercipta pemerataan ekonomi di seluruh wilayah.

"Keempat, kebijakan yang harus dipertahankan adalah semangat merombak birokrasi perizinan berusaha agar lebih terintegrasi, mudah, cepat, murah, dan transparan melalui sarana elektronik," sebut Sanny.

Pada Rabu (17/4), Indonesia menggelar Pemilu 2019, yang mencakup Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Secara keseluruhan, ada 192.866.254 pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di seluruh Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kawasan industri, Pilpres 2019

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top