Maret Harga Rumah di Inggris Kembali Turun 1,6 persen

Harga rumah di Britania Raya mengalami penurunan pada Maret setelah mencatatkan kenaikan pada bulans sebelumnya.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 05 April 2019  |  17:32 WIB
Maret Harga Rumah di Inggris Kembali Turun 1,6 persen
Suasana Kota London - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Harga rumah di Britania Raya mengalami penurunan pada Maret setelah mencatatkan kenaikan pada bulans sebelumnya.

Dikutip dari Bloomberg, Jumat (5/4/2019) dalam data Halifax menunjukkan adanya penurunan harga rumah 1,6 persen pada Maret, mengekor kenaikan 6 persen pada Februari dan penurunan 3 persen pada Januari. Dalam tiga bulan pertama tahun ini, harga rumah di Britania Raya masih naik 3,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun, Halifax memprediksikan laju pertumbuhan nilai hunian akan bergerak di kisaran tersebut sepanjang tahun ini.

Namun, kenaikan kuartal I/2019 ini masih jauh di bawah level yang terjadi pada beberapa tahun lalu lantaran adanya Brexit yang langsung mempengaruhi pasar penjualan rumah. Sementara itu, London menjadi kota yang menanggung beban paling besar.

Berdasarkan laporan dari Nationwide pekan lalu, tercatat harga di ibu kota jatuh pada laju tercepat sejak krisis keuangan yang terjadi satu dekade lalu.

Kendati demikian, Halifax menyebutkan angka pertumbuhannya masih cukup baik di wilayah lain di Britania Raya, akan tetapi aktivitasnya tentu akan lebih rendah dan akan sulit bagi pengembang atau investor untuk mendapat keuntungan tahun ini.

“Melihat tantangan yang sedang terjadi, ditambah dengan ketidakpastian Brexit, sudah memberikan dampak besar di seluruh negeri, terutama di London,” ujar Russell Galley, Managing Director Halfax.

“Kami memperkirakan akan ada penurunan laju pertumbuhan harga untuk beberapa waktu mendatang.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
penjualan properti

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top