Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Tol Pandaan—Malang Beroperasi Awal Mei 2019

PT Jasa Marga Tbk. melalui anak usahanya PT Jasamarga Pandaan Malang berencana mengoperasikan jalan tol Pandaan—Malang pada awal Mei 2019.
Jalan Tol PandaanMalang Beroperasi Awal Mei 2019/Bisnis.com-Zufrizal
Jalan Tol PandaanMalang Beroperasi Awal Mei 2019/Bisnis.com-Zufrizal

Bisnis.com, MALANG— PT Jasa Marga Tbk. melalui anak usahanya PT Jasamarga Pandaan Malang berencana mengoperasikan jalan tol Pandaan—Malang pada awal Mei 2019.

Dirut PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) Desi Aryyani mengatakan bahwa ruas yang akan dioperasikan tersebut adalah seksi 1—3 dari 5 seksi yang dibangun.

“Sekarang dalam proses uji laik fungsi. Mudah-mudahan seksi 1 sampai 3 bisa dioperasikan awal Mei,” ujarnya seusai melepas peserta Festival Jalan Tol Ruad Pandaan—Malang di Gerbang Tol Singosari, Sabtu (23/3/2019) pagi.

Jalan tol tol dibangun dalam lima seksi. Adapun, progres pembangunan seksi 4 dalam tahap penyelesaian akhir.“Mudah-mudahan pengoperasian seksi 4 bisa berbarengan dengan seksi 1 sampai 3.”

Sementara itu, pembangunan seksi 5 sejak 8 Maret sampai dengan saat ini terhenti karena ditemukannya situs purbakala di sisi seksi tol tersebut.

Dirut PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo mengatakan bahwa kelanjutan pembangunan seksi masih menunggu hasil pembahasan di Balai Purbakala Cagar Budaya.

Menurutnya, kemungkinan trase di jalan yang melewati situs tersebut bergeser lebih kurang 8 meter.

Berkaitan dengan penyelenggaraan Festival Jalan Tol tersebut, Desi mengatakan bahwa acara semacam itu merupakan keempat kalinya diselenggarakan JSMR di ruas tol baru.

“Tujuan kami ingin memperkenalkan ruas-ruas tol baru kepada masyarakat sebelum dioperasikan. Kalau sudah beroperasi tentunya tidak boleh!”

Sebanyak 6.471 peserta mengikuti acara tersebut yang terdiri atas pesepeda dan pelari santai.

Pelepasan peserta dilakukan oleh Desi bersama antara lain Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanto E.S.

Anita berharap agar upaya memperkenalkan ruas tol baru seperti yang dilakukan oleh Jasa Marga bisa dicontoh oleh badan usaha jalan tol lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper