Mudik Gratis : Dishub Jabar Sediakan 100 Bus dan 300 Tiket Kereta

Program mudik gratis Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat 2019 diminati banyak warga.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 21 Maret 2019  |  09:09 WIB
Mudik Gratis : Dishub Jabar Sediakan 100 Bus dan 300 Tiket Kereta
Petugas melakukan perawatan gerbong di Dipo Stasiun Kertapati Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (7/6). - Antara/Feny Selly

Bisnis.com, BANDUNG - Program mudik gratis Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat 2019 diminati banyak warga. 

Pada hari pertama pendaftaran, tercatat ratusan wargaBandung mengantre di Kantor Dinas Perhubungan, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Rabu (20/3/2019).  Rencananya pendaftaran bakal ditutup pada 20 Mei mendatang atau sampai kuota terpenuhi.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat (Jabar), Hery Antasari,  mengatakan program Mudik Gratis Pemprov Jabar SELAMANYA (Selamat, Aman, dan Nyaman), Pemprov akan memfasilitasi transportasi mudik secara gratis dengan bis maupun kereta api.

“Dishub Jabar akan menyediakan moda bus besar tujuan: Solo & Yogyakarta (via utara & selatan) pemberangkatan Sabtu, 1 Juni 2019 dengan rincian dari Bandung (25 bus), Sukabumi (15 bus), Bekasi (40 bus), dan Bogor (10 bus),” katanya.

 Sementara, untuk Moda Kereta Api, Kereta Mutiara Selatan dari Stasiun Bandung — Stasiun Gubeng Surabaya (kuota 300 orang, diutamakan yg menuju Solo atau Jawa Timur) pemberangkatan Minggu, 2 Juni 2019.

Herry mengatakan pemprov Jabar sejak 2015 lalu menggelar mudik gratis. Semula hanya 10 bus 2019 meningkat menjadi 90 bus dari Pemprov Jabar dan 10 bus dari Jasa Raharja.

Dia mengatakan melalui mudik gratis mengurangi pengunaan kendaraan pribadi karena pihaknya ingin budaya kendaraan pribadi ke tranportasi publik.

"Pesan saya jaga kesehatan dan persiapan lebih baik. Makan di jalan ditanggung tapi tentunya bapak ibu persiapkan masing-masing juga terutama persiapan khusus lain yang harus diperhatikan," ujar Hery.

Dishub Jabar juga memastikan melibatkan para sopir yang terperiksa mulai dari cek urin oleh BNN. Karena animo besar pihaknya yakin sebelum 20 Mei, kuota mudik sudah terpenuhi.

“Antusiasme juga ada di tiga titik di Bekasi, Bogor dan Sukabumi,” katanya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran, angkutan lebaran

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top