Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gedung Pemerintah dan Swasta di Biak Wajib Bercorak Rumah Adat

Pemerintah kabupaten Biak Numfor, Papua telah menyiapkan peraturan bupati (Perbup) tentang aturan pembangunan gedung pemerintah dan swasta beratapkan rumah adat Rumsram dan Rumsom.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Maret 2019  |  07:11 WIB
rumah adat rumsram
rumah adat rumsram

Bisnis.com, BIAK--Pemerintah kabupaten Biak Numfor, Papua telah menyiapkan peraturan bupati (Perbup) tentang aturan pembangunan gedung pemerintah dan swasta beratapkan rumah adat Rumsram dan Rumsom.

"Perbup penggunaan corak bangunan rumah adat Rumsram dan Rumson akan berlaku selama masa kepemimpinan saya sebagai Bupati periode 2019-2024," ujar Bupati Biak Herry Ario Naap di Biak, Rabu (20/3/2019).

Ia menyatakan implementasinya dimulai pada pembangunan rumah ibadah gereja GKI Elohim Snerbo distrik Samofa. Dia berharap dengan adanya bangunan bermotif rumah adat Rumsram dan Rumson akan melestarikan budaya adat istiadat Biak.

"Pemberlakuan rumah adat Rumsram sebagai bagian dari mewujudkan Biak berkarakter dan berbudaya," kata Bupati yang baru dilantik Gubernur Lukas Enembe itu.

Herry mengajak semua elemen masyarakat, lembaga keagamaan, para pimpinan perusahaan BUMN/BUMD, komandan satuan TNI/Polri dan pimpinan organisasi perangkat daerah dapat mengimplementasikan pembangunan bermotifkan rumah adat Rumsram dan Rumson.

Selama ini, berbagai pembangunan fisik gedung pemerintah dan swasta di Kabupaten Biak Numfor masih sedikit yang menggunakan corak rumah adat Rumsram.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah adat

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top