Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menko Luhut Sebut Pengembangan Pariwisata di Jalur Yang Benar

Luhut mengungkapkan salah satu langkah yang akan dilakukan adalah dengan membuat format digitalisasi untuk promosi pariwisata.Terbukti, format digitalisasi itu sudah ampuh dalam mendatangkan turis saat event annual meeting WB-IMF pada tahun 2018 silam.
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kiri) didampingi Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (tengah) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) memberikan keterangan, usai Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Daerah, dan Bank Indonesia mengenai Strategi Pencapaian Akselerasi Pencapaian Target Devisa Pariwisata 2019, di  Jakarta, Senin (18/3/2019)./ANTARA-Indrianto Eko Suwarso
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kiri) didampingi Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (tengah) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) memberikan keterangan, usai Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Daerah, dan Bank Indonesia mengenai Strategi Pencapaian Akselerasi Pencapaian Target Devisa Pariwisata 2019, di Jakarta, Senin (18/3/2019)./ANTARA-Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan mengklaim pemerintah sudah dalam jalur yang benar dalam pengembangan pariwisata demi pencapaian target devisa pariwisata 2019.

“Kita sudah ada di trek yang benar, kalau orang baru bicara akan, namun kita sudah memutuskan langkah-langkah yang menurut hemat saya juga sangat penting,” ujar Menko Luhut selepas Rakorpusda di gedung BI, Senin (18/3/2019).

Luhut mengungkapkan salah satu langkah yang akan dilakukan adalah dengan membuat format digitalisasi untuk promosi pariwisata.

Terbukti, format digitalisasi itu sudah ampuh dalam mendatangkan turis saat event annual meeting WB-IMF pada tahun 2018 silam.

“Jadi kita juga akan buat digitalisasi untuk promosi pariwisata, karena kita pengalaman pelaksanaan WB-IMF lalu yang dalam tempo 2 minggu kita bisa tingkatkan turis banyak sekali. Tadi kita sepakat dengan BI dan Kemenpar digitalisasi ini akan kita tingkatkan penggunaannya,” tegasnya.

Luhut lantas memaparkan progress berbagai infrastruktur di wilayah-wilayah yang menjadi destinasi wisata, antara lain Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang akan beroperasi pada bulan April tahun ini untuk internasional dan bulan Oktober untuk semua penerbangan. 

“Dampaknya tentu akan membantu meningkatkan jumlah turis yang akan berkunjung ke Borobudur, kita ingin tingkatkan jumlah turis dalam waktu yang tidak terlalu lama menjadi 2 – 2,5 juta turis dari yang semula 1 juta turis,” ungkap Luhut.

Kemudian, ada pula Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali dengan adanya _second exit runway_ yang diharapkan rampung pada bulan oktober ini, dampaknya akan bertahap menjadi 39 juta dari sekarang 29 juta penumpang, dan tingkat hunian hotel yang sekarang 60% diharapkan meningkat menjadi 80%. 

Sementara untuk Danau Toba, sudah ada kesepakatan dengan Malaysia, Singapore dan ke depan akan dibuka dari Tiongkok dan India.

“Danau Toba juga akan kita dorong, tahun lalu turis yang masuk sudah 430 ribu, Tahun ini pun masih tetap meningkat, hal seperti ini akan kita kembangkan terus,” ujar Luhut. 

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, dalam Rakor ini sejumlah kesepakatan yang dilaksanakan di Jojgakarta pada Rakor sebelumnya yang diadakan pada bulan Agustus tahun lalu, sudah dilakukan dengan baik dan dilakukan secara berkesinambungan oleh Pemerintah, BI maupun Pemda.

“Rakor kali ini juga membahas bagaimana langkah bersama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pariwisata dimana tahun ini adalah target 20 juta kunjungan wisman dengan target 17, 6 milyar USD. Sudah dibahas pula sejumlah strategi dalam koridor 3 A [Akses, Atraksi dan Amenitas] dan 2 P [Promosi dan Pelaku Usaha],” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper