Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Ingin Pasar Ikan Modern Muara Baru Jadi Percontohan

Presiden Joko Widodo menginginkan Pasar Ikan Modern di Muara Baru menjadi percontohan bagi pembangunan pasar ikan lainnya di daerah.
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam Peresmian Pasar Ikan Modern di Muara Baru, Rabu (13/3/2019).
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam Peresmian Pasar Ikan Modern di Muara Baru, Rabu (13/3/2019).

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo menginginkan Pasar Ikan Modern di Muara Baru menjadi percontohan bagi pembangunan pasar ikan lainnya di daerah.

Presiden Jokowi mengatakan Pasar Ikan Modern (PIM) di Muara Baru tersebut merupakan pasar ikan modern yang pertama di Indonesia.

"Sekarang bangunan yang termodern seperti ini.  Ya ini sebagai contoh pembangunan di provinsi yang lain termasuk fasilitas di dalamnya," ujar Jokowi saat meresmikan PIM di Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/3/2019).

Menurutnya, dia sudah menginstruksikan pembangunan pasar ikan modern pada Juli 2016 kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Model pembangunannya pun diakuinya meniru Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo, Jepang.

Dengan adanya PIM di Muara Baru, dia berharap bisa mengubah persepsi bahwa pasar ikan identik dengan kotor, becek, dan bau. Jika dilihat dari luar, Jokowi mengungkapkan penampakan bangunan cukup modern dan tidak kalah dengan tempat belanja di mal.

"Saya minta agar penggunaan bangunan yang sudah modern disertai pola kerja baru dan kebiasaan baru. Kualitas ikan dijaga agar tetap segar. Mari dijaga kebersihan keamanan dan kenyamanan," ujarnya. 

Pasar modern ini merupakan proyek milik KKP yang dikelola oleh Perum Perindo. PIM dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp150 miliar. Bangunan berlantai tiga ini dibangun pada Februari 2018 oleh BUMN kontraktor PT PP (Persero) Tbk.  

PIM terdiri dari 894 kios basah (wet market) dan 155 kios kering (dry market). Fasilitas lain yang terdapat di PIM yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM , ruang pertemuan dan masjid.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda mengungkapkan pihaknya menjamin pengelolaan Pasar Ikan Modern dilakukan secara profesional.

“Pengelolaan PIM secara profesional yakni dengan menjamin mutu, kesegaran dan kesehatan serta meningkatkan citra produk perikanan Indonesia. Dengan begitu, produk kami memiliki daya tawar dan daya saing semakin kuat di pasar lokal dan luar negeri,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper