Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jalan Lingkar Selatan Cilegon Rawan Longsor

Jalan lingkar selatan Kota Cilegon, tepatnya di Kilometer 8, lingkungan Cidongklang, Kelurahan Lebak Denok, Kecamatan Citangkil Kota Cilegon, Banten rawan longsor dan membahayakan pengguna jalan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Maret 2019  |  14:24 WIB
ilustrasi jalan
ilustrasi jalan

Bisnis.com, CILEGON--Jalan lingkar selatan Kota Cilegon, tepatnya di Kilometer 8, lingkungan Cidongklang, Kelurahan Lebak Denok, Kecamatan Citangkil Kota Cilegon, Banten rawan longsor dan membahayakan pengguna jalan.

Kondisi membahayakan ini, diketahui setelah tanah penyangga jalan di sekitar lokasi, yang panjangnya kurang lebih delapan hingga sepuluh meter, dengan ketinggian mencapai tiga meter, mengalami longsor akibat tergerus limpahan air hujan yang terjadi dalam beberapa minggu terahir.

Akibat longsoran tanah penyangga ini, sejumlah material lapisan jalan, seperti tanah, batu split, aspal, hingga beton bagian atas jalan terlihat jelas dari bagian samping jalan. Terlebih sisi jalan yang ambrol, juga seperti tidak didapati tembok penahan tanah yang memadai. Sehingga tanah penyangga mudah tergerus air.

Seperti pantauan Antara di lokasi, Senin (4/3/2019), Tak hanya lapisan tanah pemadatan jalan yang terlihat, bentangan kabel fiber optik juga bahkan terlihat di sekitar lokasi.

Mista, salah seorang warga di skeitar lokasi mengaku, kondisi ini sebenarnya terjadi sudah cukup lama, namun dari pihak pemerintah masih belum melakukan upaya perbaikan meski kondisi ini sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan pengguna kendaraan.

Padahal, jalan di sekitar lokasi, merupakan akses jalur utama menuju kawasan Industri di daerah Ciwandan dan kawasan Wisata di Pantai Anyer sehingga volume kendaraan yang melintas juga dipastikan cukup padat.

"Ya begitu itu kondisinya, Bahaya lah apalagi kalau sampai ada mobil minggir-minggir atau lewat taunya nanti amblas kan. Sudah ada sebulan mah, cuma gak ada yang kontrol. longsor ini karena air hujan kan menggenang terus ngalir terus kan kesitu, jadi nya lama-lama kegerus. memang mestinya dibuatkan jembatan saja, jangan gorong-gorong jadi air itu ada jalan pembuangannya," kata Mista.

Sementara itu, Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Cilegon, sekaligus Anggota DPRD dari dapil wilayah setempat Isra Mi'raj mengaku, menyikapi kondisi itu pihaknya segera berkoordinasi dengan dinas terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Cilegon, supaya jalan yang sisi jalannya mengalami longsoran segera diperbaiki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cilegon jalan lingkar

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top