Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur Kereta Makassar Parepare Mulai Dibangun April 2019

PT PP Tbk. berencana memulai tahap konstruksi pembangunan rel kereta api sepanjang 13,9 kilometer di lintas Makassar - Parepare pada April 2019.
ilustrasi kereta api
ilustrasi kereta api

Bisnis.com, JAKARTA -- PT PP Tbk. berencana memulai tahap konstruksi pembangunan rel kereta api sepanjang 13,9 kilometer di lintas Makassar - Parepare pada April 2019. Konstruksi tersebut merupakan bagian dari proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) yang dimenangi konsorsium PTPP.

Direktur Keuangan PTPP, Agus Purbianto mengatakan selain membangun rel kereta, konsorsium Celebes Railway Indonesia juga akan melakukan perawatan di jalur kereta api sepanjang 142 kilometer.

Dia menambahkan, pihaknya juga menjajaki pinjaman dari dua bank swasta yang tertarik mendanai 70% kebutuhan investasi di proyek tersebut.

"Kami akan mulai dulu groundbreaking di April 2019 dan empat bulan dari sekarang kami harapkan bisa financial close," ujarnya kepada Bisnis di Jakarta, pekan lalu.

Sebagaimana diketahui, konsorsium PTPP memenangkan lelang proyek KPBU pertama di sektor perkeretaapian itu dengan penawaran nilai investasi sebesar Rp1 triliun.

Penawaran konsorsium pada aspek besaran pembayaran ketersediaan layanan atau availibility payment (AP) sebesar 246,74 miliar juga menjadi pertimbangan panitia lelang. Setelah ditetapkan sebagai pemenang, konsorsium akan mengerjakan proyek perkeretaapian dengan skema design-build-finance-operation-maintenance berdurasi 18,5 tahun.

Di dalam konsorsium PTPP berhimpun PT Bumi Karsa, PT China Communication Construction Engineering Indonesia, dan PT Iroda Mitra. PTPP menjadi pemimpin konsorsium dengan porsi saham 45%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper