Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kementan Siapkan Rp96 Miliar untuk Revitalisasi Kebun Karet

Kementerian Pertanian menyiapkan alokasi dana sebesar Rp96 miliar di 2019 untuk revitalisasi perkebunan karet.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 24 Februari 2019  |  17:16 WIB
Petani memanen getah karet di Banyuasin, Sumatra Selatan, Selasa (8/1/2019). - Antara/Nova Wahyudi
Petani memanen getah karet di Banyuasin, Sumatra Selatan, Selasa (8/1/2019). - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Pertanian menyiapkan alokasi dana sebesar Rp96 miliar di 2019 untuk revitalisasi perkebunan karet.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono menyebutkan dana tersebut akan dialokasikan untu sejumlah kegiatan seperti peremajaan 6.000 hektare (ha) lahan kebun karet di Sumatra Selatan, Jambi, dan Kalimantan Selatan.

“Kemudian, kita juga melakukan intensifikasi 10.000 ha dari karet yang ada. Tidak di-replanting tetapi ditingkatkan produktivitasnya seperti dipupuk, dijaga dari serangan OPT [organisme pengganggu tanaman] dan sebagainya,” katanya ketika dihubungi Bisnis pada akhir pekan lalu.

Selain replanting dan intensifikasi, dana tersebut juga akan digunakan untuk penguatan unit pengolahan dan pemasaran bokar (UPTB).

"Intinya kami melakuan refocusing anggaran, itu menjadi 2 kali lipat dari anggaran awal, sekarang ada Rp96 miliar, itu ada [untuk] intensifikasi, kemudian, satu lagi, penguatan kelembagaan UPTB [Unit Pengolahan dan Pemasaran bahan olah karet]. Di kelompok tani sudah jalan, cuma perlu diperkuat."

Penguatan UPTB akan dilakukan melalui pengembangan kemampuan (capacity building) sumber daya manusia di bidang pengolahan dan pemasaran bahan olahan karet (bokar).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karet perkebunan
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top