Perum Perindo Kembali Gaet Buyer Baru dari Jepang

Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) kembali mendapatkan kontrak jual beli ikan tuna dengan perusahaan asal Jepang, Alpha Marine Japindo Co. Ltd dalam perhelatan Osaka Seafood Show 2019.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 21 Februari 2019  |  17:42 WIB
Perum Perindo Kembali Gaet Buyer Baru dari Jepang
Direktur Utama Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) Risyanto Suanda. - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) kembali mendapatkan kontrak jual beli ikan tuna dengan perusahaan asal Jepang, Alpha Marine Japindo Co. Ltd dalam perhelatan Osaka Seafood Show 2019.

Kontrak jual beli ini tercantum dalam Sales Contract antara Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Risyanto Suanda dan Presiden Direktur Alpha Marine Japindo Co. Ltd Tetsuji Okamoto.

Dalam dokumen kontrak penjualan tersebut, Perum Perindo bakal mengekspor 120 ton ikan tuna loin skinless senilai 198 juta Yen. Ekspor tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Alpha Marine Japindo Co. Ltd.

Risyanto Suanda, Dirut Perum Perindo menuturkan tanda tangan kontrak dengan Alpha Marine Japindo Co. Ltd akan memperkuat posisi Perum Perindo di pasar Jepang. Pasalnya Perum Perindo juga telah lebih dulu menyuplai ikan ke perusahaan di Tokyo yakni Musashi Industry Co. Ltd.

“Suplai ke perusahaan di Tokyo masih berjalan dan sekarang kami juga suplai ke perusahaan di Osaka. Secara bisnis. Ini tentu menambah revenue dan margin Perum Perindo,” katanya seperti dikutip dari keterangan pers, Kamis (21/2/2019).

Peningkatan ekpsor ikan perum Perindo jug akan menambah serapan ikan dari para nelayan. Seperti diketahui, selain melakukan kegiatan penangkapan ikan sendiri, Perum Perindo juga melakukan penyerapan ikan hasil  tangkapan para nelayan mitranya. Adapun, ikan tuna yang dijual ke Osaka dipasok oleh nelayan di Ternate, Ambon, Bitung, dan wilayah-wilayah lain di Indonesia timur.

Risyanto optimistis mampu memenuhi permintaan dari Alpha Marine Japindo Co.Ltd.  Dia berharap volume ekspor ke buyer luar negeri dapat ditingkatkan lebih banyak lagi.

Sementara itu, penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) akan dilakukan pada Jumat, 22 Februari 2019, dengan disaksikan oleh perwakilan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka, Jepang.

Berdasarkan data dari Perum Perindo, volume ekspor perusahaan tersebut ke Jepang sepanjang 2018 mencapai 298,7 ton atau 492,85 juta Yen. Negeri Sakura merupakan salah satu negara tujuan eskpor Perum Perindo selain Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa.

Osaka Seafood Show 2019 merupakan pameran tahunan produk dan industri pendukung perikanan terbesar di wilayah Jepang Barat. Lebih dari 2.600 perusahaan di Jepang turut berpartisipasi dalam pameran ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perikanan, perum perindo

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup