Nelayan Marunda Ikuti Diklat Keselamatan

Ratusan nelayan di Marunda, Jakarta Utara, mendapat kesempatan mengikuti diklat basic safety training kapal layar motor (BST KLM) dan surat keterangan kecakapan (SKK) 30 mil secara gratis.
Sri Mas Sari | 13 Februari 2019 23:14 WIB
Ilustrasi nelayan tradisional. - Reuters/Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA – Ratusan nelayan di Marunda, Jakarta Utara, mendapat kesempatan mengikuti diklat pemberdayaan masyarakat (DPM) berupa basic safety training kapal layar motor (BST KLM) dan surat keterangan kecakapan (SKK) 30 mil secara gratis.

Penyelenggaraan program DPM ini merupakan kerja sama antara Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Marunda.

Kepala Kantor KSOP Marunda Iwan Sumantri menyatakan sangat mendukung kegiatan peningkatan kecakapan bagi nelayan. Dia berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung hingga seluruh nelayan di wilayah Marunda memiliki sertifikat.

"Inilah yang menjadi komitmen Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut untuk menyertifikasi kapal nelayan beserta SDM-nya guna meningkatkan keselamatan jiwa di laut," ujar Iwan dalam siaran pers, Rabu (13/2/2019).

Dia juga meminta nelayan memanfaatkan diklat untuk menambah ilmu dan pengetahuan sebagai bekal melaut.

"Saya harap nelayan dapat mengikuti diklat ini dengan sungguh-sungguh dan semuanya bisa lulus 100%," tambahnya.

Kegiatan yang diikuti oleh 105 orang nelayan di Marunda ini berlangsung 3 hari untuk Diklat BST KLM, sedangkan untuk Diklat SKK 30 mil dilaksanakan 2 hari sejak 12 Februari 2019.

Tag : nelayan, kampanye keselamatan pelayaran
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top