LAPORAN DARI FRANKFURT: Mengenal Messe Frankfurt, ‘Raksasa’ Penyelenggara Pameran & Konvensi Dunia

Frankfurt merupakan salah satu kota di Jerman yang setiap tahun selalu memikat para pengunjung dan para exhibitor melalui pameran, konvensi, dan event skala internasional. 
Maria Yuliana Benyamin
Maria Yuliana Benyamin - Bisnis.com 10 Februari 2019  |  05:58 WIB
LAPORAN DARI FRANKFURT: Mengenal Messe Frankfurt, ‘Raksasa’ Penyelenggara Pameran & Konvensi Dunia
Messe Frankfurt adalah penyelenggara konvensi dan pameran dagang terbesar di dunia, dengan penjualan grup mencapai 715 juta euro. (Maria Benyamin - Bisnis).

Bisnis.com, FRANKFURT – Frankfurt merupakan salah satu kota di Jerman yang setiap tahun selalu memikat para pengunjung dan para exhibitor melalui pameran, konvensi, dan event skala internasional. 

Ada banyak pameran dan konvensi yang diselenggarakan di kota ini. Sektornya pun beragam, mulai dari teknologi, seni, otomotif, perdagangan, manufaktur, hingga barang-barang konsumen.
Di balik perhelatan berbagai pameran dan konvensi itu, ada nama Messe Frankfurt.

Messe Frankfurt adalah penyelenggara konvensi dan pameran dagang terbesar di dunia, dengan penjualan grup mencapai 715 juta euro.

Sebagai penyelenggara pameran, Messe Frankfurt juga memiliki area atau tempat pameran tersendiri di Frankfurt, di atas lahan seluas 592.127 meter persegi.

Lokasi pameran ini terbagi dalam dua kelompok, yakni hall area (400.237 meter persegi) dan outdoor area (59.506 meter persegi).

Tercatat lebih dari 4,5 juta pengunjung datang di lebih dari 490 kegiatan yang diselenggarakan di seluruh dunia di bawah Messe Frankfurt pada 2018.

Khusus untuk pameran dagang, setiap tahun Messe Frankfurt menghelat 148 pameran yang dilakukan di Frankfurt ataupun lokasi lainnya di negara lain. Dari jumlah itu, 101 pameran dilakukan di luar Jerman, dan sisanya di Frankfurt.

Perusahaan yang dimiliki oleh Kota Frankfurt (60%) dan State of Hesse (40%) ini memiliki 30 jaringan di negara lain dan 50 mitra penjualan internasional.

Di Frankfurt, sederet pameran ternama telah diorganisir oleh Messe Frankfurt Group, antara lain Ambiente, Christmasworld, Creativeworld, serta Paperworld and Tendence.

Perusahaan tersebut juga melenggarakan sejumlah pameran tekstil, antara lain Heimtextil, Techtextile, Texprocess, dan Texcare.

Frankfurt menjadi salah satu pusat lokasi pameran dagang karena berada di tepat jantung Eropa dan memiliki koneksi transportasi terbaik, baik udara, laut, dan darat karena memiliki stasiun kereta api terbesar di Eropa dan bandara terbesar di Benua Biru.

Dengan penerbangan langsung dari dan ke sejumlah kota besar di dunia, Frankfurt menjadi lokasi strategis yang menghubungkan para peserta pameran dengan para pembeli.

Selayang Pandang Messe Frankfurt Group

  • Pemegang saham : City of Frankfurt (60%)
    State of Hesse (40%)
  • Penjualan grup : Sekitar 715 juta euro
  • Jumlah karyawan : 2.579 orang
  • Luas lantai : 592.127 m2
  • Area hall : 400.237 m2 (11 hall)*
  • Area outdoor : 59.506 m2
  • Total : 148 pameran dagang
  • Jerman : 47 pameran
  • Frankfurt : 39 pameran
  • Di luar Jerman : 101 pameran.
  • Peserta pameran : 101.922 peserta
  • Pengunjung : 3,8 juta orang

Keterangan: *Tahun ini dibuka lagi 1 hall, sehingga menjadi 12 hall.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Eintracht Frankfurt

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top