Begini Jalan Damai Soal Tarif Kargo Udara

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memanggil maskapai penerbangan dan pengusaha di bidang logistik terkait kegaduhan yang terjadi karena kenaikan tarif kargo udara.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 09 Februari 2019  |  00:51 WIB
Begini Jalan Damai Soal Tarif Kargo Udara
Petugas beraktivitas di Terminal Kargo dan Pos Bandara Jenderal Ahmad Yani yang berada di lokasi baru seusai diresmikan, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (23/1/2019). - ANTARA/Aji Styawan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memanggil maskapai penerbangan dan pengusaha di bidang logistik terkait kegaduhan yang terjadi karena kenaikan tarif kargo udara.

Direktur Keamanan Penerbangan, Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub Dadun Kohar menuturkan pembicaraan tersebut belum memberikan keputusan terkait tarif kargo udara, tetapi masing-masing pihak sudah bersepakat untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama.

Agenda pertemuan tersebut dilaksanakan di Gedung Sainath Tower, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/2/2019). Rapat dilakukan secara tertutup.

"Kita sepakat untuk menyelesaikan persoalan ini bersama-sama untuk mencarikan yang terbaik untuk semuanya," terangnya, Jumat (8/2/2019).

Pertemuan tersebut belum membicarakan mengenai solusi terkait tarif kargo naik hingga 6 kali. Menurutnya, akan ada pertemuan lanjutan mengenai tindak lanjut pembahasan tarif tersebut.

Menurutnya, semua pihak yang hadir terdiri dari perwakilan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo), PT Garuda Indonesia Tbk., serta pengelola bandara [PT Angkasa Pura II], memiliki niatan yang baik untuk menyelesaikan perkara tarif kargo tersebut.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat yang dilayangkan oleh Asosiasi Perusahaan Jasa Ekspedisi Ekspres Indonesia (Asperindo) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat itu berisi penolakan Asperindo terhadap kenaikan tarif surat muatan udara (SMU) atau kargo udara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kargo udara

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top