Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Gandeng Jetro Kembangkan Pelatihan Vokasi

Pemerintah mengajak Japan External Trade Organization (Jetro) menguatkan kerja sama untuk mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM) serta membangun pelatihan vokasi.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 28 Januari 2019  |  03:20 WIB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. - Reuters/Willy Kurniawan
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. - Reuters/Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mengajak Japan External Trade Organization (Jetro) menguatkan kerja sama untuk mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM) serta membangun pelatihan vokasi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto seusai pertemuannya dengan Chairman Jetro Hiroyuki Ishige di Davos, Swiss.

Keduanya bertemu di sela-sela World Economic Forum (WEF) Annual Meeting 2019. Airlangga mewakili Pemerintah Indonesia dalam forum tersebut.

Airlangga menjelaskan dari pertemuan tersebut, kedua pihak sepakat untuk memperkuat struktur manufaktur Indonesia dengan peningkatan ekspor dan perluasan akses pasar ekspor. Selain itu, Airlangga pun menyampaikan agar penyelarasan IKM di Jepang dan Indonesia terus didorong.

"Tentunya tidak hanya di sektor otomotif dan komponen saja, kami juga ingin adanya kerja sama di industri tekstil, elektronika, serta makanan dan minuman. Bahkan, bisa ke sektor pengemasan," ujar Airlangga sebagaimana dikutip bdari laman resmi Kemenperin pada Minggu (27/01/2019).

Pengembangan IKM tersebut menurutnya dapat didorong oleh pengembangan teknologi dan sumber daya manusia (SDM). Pengembangan dinilai penting karena jumlah IKM tercatat terus meningkat.

Berdasarkan data Kemenperin, jumlah IKM pada 2014 berkisar 3,52 juta unit dan bertambah menjadi 4,49 juta unit pada 2017.

Airlangga pun menilai pengembangan IKM perlu diarahkan untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi agar produktivitas IKM terdongkrak. Selain itu, pemanfaatan teknologi dapat memudahkan seluruh lapisan masyarakat dalam mengembangkan bisnisnya.

"Kemajuan teknologi ekonomi digital turut memudahkan bisnis dan usaha bagi masyarakat. Jadi, sekarang para pengusaha kecil, seperti ibu-ibu rumah tangga sudah bisa berjualan melalui online. Di era inilah, IKM bisa didorong dengan ekonomi digital 4.0," kata Menperin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenperin vokasi

Sumber : Kemenperin.go.id

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top