Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pergerakan Kapal Terganggu Puluhan Bagan di Alur Pelayaran Internasional

Puluhan bagan di perairan Desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan berada dalam alur pelayaran internasional, sehingga mengganggu gerak kapal keluar masuk pelabuhan.
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (3/1/2019)./ANTARA-Nova Wahyudi
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (3/1/2019)./ANTARA-Nova Wahyudi

Bisnis.com, KOTABARU - Puluhan bagan di perairan Desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan berada dalam alur pelayaran internasional, sehingga mengganggu gerak kapal keluar masuk pelabuhan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kotabaru Mochran Rasyid di Kotabaru, Kalsel, Sabtu mengatakan, ada sekitar 35 bagan (kerangka penangkap ikan di tengah laut)  berada di wilayah bebas hambatan yang biasa dilalui kapal.

"Tiga di antaranya berbahaya, kalau tertabrak kapal, nelayan tidak bisa minta ganti rugi karena mereka tidak boleh berada di situ," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, dulu ada izin untuk membangun bagan. Jaraknya diatur sekitar 200 meter dari pantai, namun seiring waktu keberadaan bagan makin ke tengah laut karena jumlahnya bertambah banyak.

"Sekarang bukan kewenangan kami lagi yang mengawasi. Yang mengawasi ya KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) karena  mereka yang tahu ini mengganggu dan perlu dikoordinasikan," kata Mochran.

Operation Superintendent PT Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru Y Purwanto mengatakan banyak nakhoda kapal asing dan kapal pandu mengeluh kesulitan olah gerak saat keluar masuk dermaga milik perusahaan di perairan Tanjung Pemancingan.

"Kita beri istilah tiang gawang pembatas di mana kapal hanya bisa lewat di tengah, nah di depan dan di kanan banyak bagan, di sisi kirinya daerah ranjau," ujarnya.

Kapal pandu harus ekstra hati-hati agar kapal tidak sampai menabrak bagan, katanya menjelaskan.

Dia juga menambahkan sejak awal berdirinya perusahaan sampai sekarang nyaris tidak pernah ada gesekan dengan masyarakat.

Hanya saja dalam perkembangannya usaha bagan masyarakat terus tumbuh hingga memasuki alur pelayaran.

"Itu alur pelayaran internasional, yang menggunakan bukan hanya Arutmin, tapi karena kami yang terdekat kami mencarikan solusi supaya masyarakat bisa tetap berusaha, akan tetapi kapal yang keluar masuk pelabuhan tidak terkendala," kata Purwanto.

Mayoritas warga Desa Sarang Tiung bermatapencaharian sebagai nelayan bagan. Namun, Kepala Desa Sarang Tiung Muhammad Yohanis mengatakan selama ini masyarakat kurang mengetahui tentang alur pelayaran.

"Jadi di mana dia lihat kosong, di situ dia membangun bagan," ucapnya.

Nelayan pun keberatan jika bagannya dibongkar karena untuk membangunnya lagi diperlukan biaya tidak sedikit.

"Kami meminta tidak dilakukan penggusuran, kalau langsung digusur sulit, mereka juga sudah lama kan punya bagan di situ," harap Yohanis.

Terkait persoalan ini, sosialisasi tentang alur pelayaran telah dilakukan kepada nelayan Desa Sarang Tiung.

Selanjutnya akan dilakukan survei ulang terhadap bagan-bagan yang berada di alur pelayaran dengan melibatkan seluruh nelayan.

Sementara untuk penataan ke depannya masih dicarikan jalan agar tidak merugikan nelayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper