Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi 2019, Matahari Departement Store Bakal Buka Lima Gerai Baru

Emiten peritel, PT Matahari Departement Store Tbk. berencana melanjutkan ekspansi pada tahun depan, dengan menambah lima gerai baru.
Pengunjung di gerai Matahari Department Store./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Pengunjung di gerai Matahari Department Store./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA—Emiten peritel, PT Matahari Departement Store Tbk. berencana melanjutkan ekspansi pada tahun depan, dengan menambah lima gerai baru.

Analis OCBC Sekuritas Ishan Helmy mengungkapkan, emiten bersandi saham LPPF ini telah berhasil melakukan perbaikan kinerja dengan menutup gerai-gerai yang berkinerja buruk. Dalam riset medio Desember 2018, Ishan mengatakan, LPPF telah berhasil menutup dua gerai dan berencana untuk menutup tiga gerai lagi pada 2019.

“Ekspansi toko masih terus berjalan dan berencana untuk menambah 5 toko baru pada 2019,” seperti yang dikutip dalam riset OCBC Sekuritas dari Bloomberg.

Ishan menambahkan, sepanjang tahun ini, LPPF telah membuka 3 gerai baru. Belum lama ini, LPPF juga telah membuka gerai ke-156 di Gresik, Jawa Timur dengan luas 5.900 m2. Sampai saat ini, total luas gerai yang dimiliki LPPF mencapai 980.000 m2.

Atas strategi yang dilakukan LPPF, Isfan menilai, rata-rata pertumbuhan penjualan per toko (same-store sales growth/SSSG) telah pulih dengan baik.  Dalam sembilan bulan tahun ini, dia mengatakan, LPPF memiliki SSSG yang stabil pada satu digit yakni 4,4%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya -2,7%.

Dia menambahkan, pemasaran yang agresif membantu meningkatkan penjualan sebesar 3%, tetapi berhasil menurunkan laba operasional 0,4%, karena memiliki opex yang meningkat sebab banyak melakukan promosi.

Hingga September 2018, nilai penjualan LPPF mencapai Rp7,77 triliun, tumbuh 3,05% dari posisi Rp7,54 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu, laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk senilai Rp1,49 triliun.

Selain itu, Matahari Department Store juga melakukan kolaborasi dengan perusahaan produsen sepatu olahraga terbesar di China, 361 Degree International Limited. Setelah meresmikan 2 Mono Store 361° di LippoMall Kemang dan Mall Pakuwon Surabaya maka Matahari juga meresmikan Mono Store 361° yang ke-3 di Lippo Mall Puri - St. Moritz Jakarta. Pembukaan 3 Mono Stores ini menandai bahwa produk-produk keluaran merek 361° telah mendapatkan pasar yang baik di Indonesia.

“Kami menyambut gembira dibukanya 3 toko ekslusif 361° dan memiliki harapan yang besar ketiga toko ini dapat memudahkan pelanggan untuk mendapatkan pilihan koleksi produk-produk 361° Sport Shoes and Apparels yang lebih lengkap,” tulis Christian Kurnia, Direktur Marketing, Merchandise and Store Operation Matahari dalam keterbukaan informasi.

Christian menuturkan, Matahari akan terus berusaha menghadirkan produk berkualitas tinggi yang menarik bagi konsumen di pasar Indonesia. Dia mengatakan, dengan strategi maka pelaggan bisa merasakan suasana berbelanja yang nyaman dan meningkatkan jumlah pelanggan. 

Adapun target pasar 361° Sport Shoes and Apparels adalah pelanggan yang memilih gaya hidup aktif. Christian menambahkan, produk yang dapat diperoleh di Mono Store nya ini meliputi sepatu olahraga, pakaian olahraga dan aksesoris seperti topi, tas, kaus kaki hingga tas olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper