Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenperin Raih Delapan Penghargaan dari PANRB

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) raih delapan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) atas pembangunan Zona Integritas.
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto secara simbolis menyerahkan kunci kepada Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis saat kickoff electrified vehicle comprehensive Study di Kementerian Perindustrian, Jakarta, 4 Juli 2018.  /Kemenperin
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto secara simbolis menyerahkan kunci kepada Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis saat kickoff electrified vehicle comprehensive Study di Kementerian Perindustrian, Jakarta, 4 Juli 2018. /Kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) raih delapan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) atas pembangunan Zona Integritas.

Penghargaan tersebut diberikan pada Senin (10/12/2018) di Jakarta dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi 2018. Sebanyak 205 unit kerja mendapat penghargaan dari PANRB atas komitmen percepatan implementasi reformasi birokrasi.

Kemenperin mendapatkan penghargaan tersebut atas tujuh satuan kerja yang meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Ketujuh satuan tersebut adalah Sekolah Menengah Analis Kimia Padang, Sekolah Menengah Teknologi Industri Padang, Balai Diklat Industri Padang, Balai Riset dan Standardisasi (Baristand) Industri Surabaya, Balai Besar Industri Hasil Perkebunan Makassar, Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta, serta Balai Besar Kimia dan Kemasan Jakarta.

Selain itu, Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik periode 2016-2018 Isananto Winursito turut mendapatkan penghargaan dari PANRB. Penghargaan tersebut diraihnya karena dia dinilai sebagai role model dalam membangun Zona Integritas di BBKB Yogyakarta hingga akhir masa baktinya.

Kementerian PANRB pun memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tujuh pemimpin perubahan yang dinilai memiliki komitmen perubahan untuk menjaga tata kelola pemerintahan yang lebih baik. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto merupakan salah satu peraih penghargaan tersebut.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (11/12/2018), Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar menjelaskan Kemenperin terus bertekad melakukan perbaikan birokrasi. Haris mewakili Airlangga dalam penyerahan penghargaan tersebut.

"Hal [perbaikan birokrasi] ini dalam rangka menciptakan seluruh aparatur kami yang dapat turut mendorong kinerja sektor industri nasional semakin berdaya saing global,” ujar Haris.

Menurut Haris, sejak 2005 Kemenperin telah menjalankan serangkaian program reformasi birokrasi untuk mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih. Dia meyakini penanaman nilai dan budaya kerja yang positif akan mampu menciptakan kinerja yang unggul sehingga dapat memacu kinerja industri nasional.

Haris menambahkan, tim Reformasi Birokrasi (RB) Kemenperin memperkuat penerapan sistem integritas dan kualitas layanan melalui integrasi seluruh sistem layanan. Pada 2017, sebanyak 5 unit kerja di Kemenperin mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) berkat penerapan sistem tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Maftuh Ihsan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper