Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah 9 Anggota Dewan Pers Terpilih 2019-2022

Badan Pekerja Pemilihan Anggota Dewan Pers memilih sembilan anggota Dewan Pers periode 2019-2022 dalam rapat pleno di Sekretariat Dewan Pers, Jakarta, Kamis (29/11/2018).
Logo Dewan Pers (Twitter)
Logo Dewan Pers (Twitter)

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Pekerja Pemilihan Anggota Dewan Pers memilih sembilan anggota Dewan Pers periode 2019-2022 dalam rapat pleno di Sekretariat Dewan Pers, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Ketua Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) Margiono mengatakan nama-nama tersebut dipilih untuk mewakili unsur wartawan, unsur perusahaan pers, dan tokoh masyarakat. Kesembilan orang itu dipilih dari 13 nama calon yang masuk.

“Kami mengapresiasi masukan dari pelbagai kalangan masyarakat. Masukan tersebut menjadi bahan pertimbangan anggota BPPA dalam memilih para calon,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (1/12).

Sembilan anggota Dewan Pers terpilih tersebut Arif Zulkifli, Hendry Ch Bangun, dan Jamalul Insan yang mewakili unsur wartawan; Ahmad Djauhar, Agung Darmajaya, dan Asep Setiawan yang mewakili unsur perusahaan pers; serta Agus Sudibyo, Hassanein Rais, dan Mohammad Nuh yang mewakili unsur tokoh masyarakat.

Di samping mengikuti semua proses seleksi, mereka juga telah menandatangani pakta integritas terkait komitmen untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab demi menjaga wibawa lembaga Dewan Pers, menegakkan kemerdekaan pers, meningkatkan profesionalisme media massa, serta mengupayakan pemenuhan hak publik atas informasi.

“Anggota Dewan Pers terpilih menghadapi tantangan yang tidak ringan. Karena itu, mereka meneken fakta integritas sebagai komitmen tertulis,” lanjut Margiono.

Jika komitmen tersebut dilanggar, maka anggota bersangkutan harus mundur dari posisinya.

BPPA akan melaporkan hasil pemilihan ini kepada Dewan Pers untuk diteruskan kepada Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, sembilan anggota Dewan Pers 2019-2022 itu akan dikukuhkan lewat Keputusan Presiden (Keppres).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper