Presiden Jokowi: Bisa Saja Bekraf Jadi Kementerian

Presiden Joko Widodo menyatakan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bisa saja berubah bentuk menjadi kementerian.
Yodie Hardiyan | 11 November 2018 03:17 WIB
Presiden Joko Widodo berdiskusi dengan masyarakat kreatif Bandung pada Sabtu (10/11/2018). - Antara/Wahyu Putro

Bisnis.com, BANDUNG – Presiden Joko Widodo menyatakan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bisa saja berubah bentuk menjadi kementerian.

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden ketika berdialog dengan para pelaku industri kreatif di Bandung Creative City Forum (BCCF) di Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/11/2018).

Presiden mengingatkan bahwa Bekraf dulu dibentuk untuk memberi ruang pengembangan industri kreatif. "Kalau memang pada suatu saat dibutuhkan kementerian, ya bisa saja Bekraf diloncatkan jadi kementerian tersendiri," kata Presiden.

Presiden mengatakan pemerintah akan melakukan kalkulasi apabila memang diperlukan suatu institusi yang kuat. Setelah itu, Presiden tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai pernyataan soal Bekraf yang bisa berubah bentuk dari badan menjadi kementerian tersebut.

Presiden mengatakan apabila konsisten di industri kreatif, maka Indonesia akan dikenal sebagai negara dengan industri kreatif yang kuat.

Presiden menduga "DNA" Indonesia di industri kreatif kuat kendati belum ada penelitian terkait hal tersebut. Menurutnya, dibandingkan dengan negara lain, kekuatan Indonesia berada di industri kreatif. "Kalau kita mau, mungkin menjadi sebuah negara yang bisa meloncat, mungkin di sini ini (industri kreatif), mungkin," kata Presiden.

Kegiatan di BCCF itu merupakan salah satu agenda Presiden selama di Bandung pada Sabtu (10/11/2018). Presiden dijadwalkan menggelar sejumlah agenda lainnya di kota yang sama pada Minggu (11/11/2018).

Tag : industri kreatif, Bekraf
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top