Perusahaan Logistik Asal Swiss Akuisisi Wira Logistics

Perusahaan transportasi dan logistik global yang berbasis di Swiss, Kuehne+Nagel secara resmi mengumumkan akuisisi terhadap perusahaan logistik asal Indonesia, Wira Logistics. Akuisisi strategis ini akan memperkuat jaringan pergudangan dan distribusi nasional Kuehne + Nagel di Tanah Air.
Ilham Budhiman | 02 Oktober 2018 17:26 WIB
Kinerja logistik nasional Indonesia 2014 hingga 2018 berdasarkan indeks LPI (Logistics Performance Index) Bank Dunia. - Bisnis/Husin Parapat

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan transportasi dan logistik global yang berbasis di Swiss, Kuehne+Nagel secara resmi mengumumkan akuisisi terhadap perusahaan logistik asal Indonesia, Wira Logistics. Akuisisi strategis ini akan memperkuat jaringan pergudangan dan distribusi nasional Kuehne + Nagel di Tanah Air.

Managing Board of Kuehne+Nagel International AG Gianfranco Sgro mengatakan Indonesia merupakan pasar internet yang paling penting di Asia Tenggara.  Selain itu, menurutnya, kelas menengah di negara itu sedang tumbuh dengan rata-rata penduduknya yang sudah pintar secara digital.
 
"Dengan akuisisi ini, kami dapat memanfaatkan strategi e-commerce global kami," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (2/10/2018). 

Sgro melanjutkan akuisisi itu memungkinkan pihaknya untuk memperkuat pasar Logistik di Asia dan posisi sebagai penyedia layanan logistik terkemuka.  "Jaringan domestik yang diperketat akan semakin meningkatkan proposisi nilai kami dalam menyediakan solusi logistik terpadu sepenuhnya ke pelanggan kami di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa perluasan kemampuan pergudangan dan distribusi Kuehne+Nagel di Indonesia di mana impor dan ekspor mencapai hampir US$300 miliar setiap tahun telah menjadi fokus strategis bagi perusahaan. 

Menurutnya, kelas menengah yang sedang berkembang di negara Indonesia mendorong peningkatan daya beli sehingga menjadikannya pasar konsumen yang penting bagi banyak perusahaan.

"Melalui akuisisi ini, pusat distribusi [Wira Logistics] yang strategis di Cibitung bersama dengan lokasi lain di Jakarta, Surabaya dan Bali sekarang akan menjadi bagian dari portofolio gudang Kuehne+Nagel," ucapnya.

Dia menegaskan operasi yang diperluas juga akan mencakup peningkatan jaringan distribusi 200 kendaraan yang memungkinkan cakupan yang lebih luas lagi untuk pelanggan di seluruh wilayah Jawa.

President of Kuehne+Nagel South Asia Pacific Jens Drewes menambahkan Kuehne+Nagel mulai beroperasi di Indonesia pada 1992. Selama bertahun-tahun, pihaknya telah menjadi mitra logistik pilihan bagi banyak perusahaan multinasional dan perusahaan lokal. 

Menurutnya, kemitraan tersebut merupakan bukti keahlian dan pemahaman pihaknya tentang kebutuhan pelanggannya, terlepas dari ukuran perusahaan mereka.  "Kami sangat gembira dengan akuisisi ini dan peluang tambahan yang akan diciptakan untuk bisnis kami,” kata Jens Drewes.

President Commissioner PT Wira Logistics Eka Hadi Djaja menambahkan pihaknya sangat bangga untuk memperluas hubungan perseroan dengan Kehne+Nagel.  “Wira sangat bangga untuk memperluas hubungan kami dengan Kuehne+Nagel. Pelanggan kami yang ada dan yang akan datang akan memperoleh manfaat dari posisi, kemampuan, dan keahlian terkemuka dari Kuehne+Nagel, ” kata Eka Hadi Djaja.

Tag : logistik
Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top