Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sentra Produksi Jeruk Terus Dikembangkan

Pengembangan sentra benih jeruk akan terus diupayakan agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi buah jeruk.
Kebun jeruk/Istimewa
Kebun jeruk/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pengembangan sentra benih jeruk akan terus diupayakan agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi buah jeruk.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Suwandi mengatakan jeruk merupakan komoditas strategis untuk menyubstitusi produk impor. Maka itu, benih jeruk akan dikembangkan besar-besaran guna mencukupi pengembangan kawasan. “Misalnya Purworejo, luas budidaya jeruk sudah mencapai 50.000 hektare dan tersebar di sebagian besar kabupaten," katanya pada Rabu (26/9).

Suwandi menegaskan sistem perbenihan harus diperkuat karena benih menjadi kunci produksi dan pondasi pertanian ada di benih. Menurutnya pada 2018 pihaknya sudah mendistribusikan 10 juta benih jeruk atau setara dengan 25.000 hektare. “Tapi hasilnya akan terlihat nanti 2,5 hingga 3 tahun ke depan,” katanya.

Direktur Buah dan Florikuktura Kementerian Pertanian Sarwo Edi pun menambahkan dengan adanya pemenuhan bibit buah buahan ini maka diharapkan kesejahteraan petani buah jiga akan meningkat. Menurutnya produk buah harus ditingkatkan dengan tujuan untuk memenuhi pasar domestik.  “Selain itu tentunya agar dapat bersaing di pasar Internasional,” tambahnya.

Koordinator Penangkar Benih Jeruk di Purworejo, Eko mengatakan jumlah  produksi benih jeruk Purworejo mencapai 1 juta benih setahun dengan wilayah pemasaran di Jawa dan sejumlah kabupaten di luar Jawa. Sementara harga benih bervariasi  sesuai varietas, ukuran tinggi pohon dan komoditasnya.

“Di sini dikembangkan berbagai varietas benih jeruk yaitu varietas siam madu, trigas, batu 55, RGL, siam banjar, tejakula,  sabilulungan, dengan harga Rp.7.500 hingga Rp 12.500 per pohon,” terangnya.

Eko pun mengungkapkan anggota Kelompok Tani Penangkar di lokasi   tersebut sangat antusias mendengar kabar baik bahwa bibit buah buahan tersebut banyak di butuhkan masyarakat sekaitan dengan program pengembangan kawasan buah buahan yang merupakan salah satu program pemerintah. “Para Penangkar semangat  untuk memproduksi  bibit buah buahan yang unggul, bermutu dan bersertifikat sesuai anjuran pemerintah,” ungkapnya.

Selain daripada jeruk, kelompok tersebut juga menangkarkan benih buah lainnya. “Benih Durian otong, siminang, matahari, bawor, ktomo banyumas dengan harga Rp. 15.000 sampai 25.000 per pohon.  Sedangkan benih nangka sikandel Rp.15.000 sampai 20.000 per pohon,” sambung Eko.

Selanjutnya, diungkapkan Eko, Mangga Arumanis, Simanalagi, Gedonggincu, Gadung harga Rp 10.000 hingga 15.000, sedangkan Manggis Kaligesing dengan harga berkisar Rp.15.000 hingga 20.000 per pohon. Jambu kristal Rp.15.000 hingga 20.000 per pohon dan jambu bol Rp. 15.000 hingga 20.000 per pohon. 

“Harga-harga tersebut tergantung varietas dan ukuran dari pohon tersebut. Bahkan ini benih sengon atau jinjing Rp 1.500 perbatang,” jelasnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper