Kadin Minta Konektivitas Moda Transportasi Diperkuat

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) berharap pemerintah terus memperkuat konektivitas moda transportasi guna menekan biaya logistik.
Ilham Budhiman | 06 September 2018 13:49 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) berharap pemerintah terus memperkuat konektivitas moda transportasi guna menekan biaya logistik.

Kepala Komite Tetap Kadin bidang Logistik, Supply Chain, dan SDM Nofrisel mengatakan langkah pemerintah untuk mengembalikan basis distribusi logistik melalui jalur laut dinilainya sudah benar, namun ada hal yang harus diperhatikan.

Menurutnya, konektivitas di jalur darat perlu diperhatikan mengingat semua barang yang dikirim melalui jalur laut dinilainya akan kembali melalui jalur darat sesuai dengan perspektif logistik. Hal ini juga untuk memperlancar arus distribusi barang.

"Jalan juga perlu dibangun sebab dari perspektif logistik semua barang itu akan kembali ke darat. Oleh karena itu, supaya konektivitas berjalan lancar, maka di setiap symptoms-symptoms transportasi ini harus dilakukan pembenahan yang baik," jelasnya, Rabu (6/9/2018).

Pembenahan-pembenahan itu menurutnya perlu dilakukan, baik untuk moda transportasi darat, laut dan udara.

"Moda transportasi darat harus baik, manajemen dan seluruh aktivitas di pelabuhan harus baik, pelayaran juga begitu, kapalnya harus baik dan rutenya harus benar," ujarnya.

Dia menilai ketika semua konektivitas dan pembenahan itu berjalan maka sektor logistik pun akan lebih baik. "Itu ekspektasi kita," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kadin, logistik

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top