Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Union Space Melihat Peluang yang baik di Ruang Ritel

Operator coworking space, UnionSpace melihat peluang yang baik dalam melakukan ekspansi di pusat perbelanjaan.
Ilustrasi coworking space di Kuningan, Jakarta Selatan./Reuters
Ilustrasi coworking space di Kuningan, Jakarta Selatan./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Operator coworking space, UnionSpace melihat peluang yang baik dalam melakukan ekspansi di pusat perbelanjaan.

Albert Goh, CEO UnionSpace  menyatakan unit usahanya yang sebelumnya adalah CRE8  telah bertransformasi dengan adanya dukungan dari Kejora Ventures dan GAN Konsulindo.

Sebelumnya UnionSPACE mulai mengibarkan benderanya di Indonesia di gedung perkantoran, tepatnya di Metropolitan Tower, TB Simatupang Jakarta Selatan. "Selanjutnya kami pun melihat peluang yang bagus untuk melakukan ekspansi di gedung retail, yakni mall PIK AVENUE di Jakarta Utara," katanya kepada Bisnis Rabu (15/8/2018).

Akbert menjelaskan UnionSPACE merupakan coworking pertama yang mencoba masuk ke lokasi ritel. Hal ini merupakan inovasi dari untuk menumbuhkan kolaborasi dan kreativitas pada segmen masyarakat yang berbeda.

Melihat perkembangan zaman yang mengubah tren ritel saat ini, perusahaan juga menyadari peluang untuk juga menjadikan mall sebagai ruang bekerja dan berkolaborasi.

"Kami ingin keluar dari pengalaman kerja kantor yang formal dan kaku dengan memberikan alternatif kantor yang lebih 'muda' dan terbuka. Sebuah tempat di mana para pelaku bisnis dapat berkolaborasi, berkreasi, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman,"imbuhnya.

Dari sisi positifnya, dia menilai gedung retail merupakan pusat dari sebuah ekosistem untuk komunitas berkumpul dan melakukan aktivitasnya. Dengan begitu, tidak hanya komunitas yang terbantu dengan adanya coworking space di tempat ritel, tetapi trafik pada hari dan jam kerja untuk lokasi dan tempat retail pun dapat meningkat dengan adanya fasilitas penunjang dari Coworking Space.

Namun, di sisi lain salah satu fasilitas yang diberikan oleh coworking space adalah alamat bisnis untuk para tenant dan member yang dapat digunakan dalam legalitas usaha mereka. Dengan demikian usaha yang berdomisili di gedung perkantoran akan lebih terkesan profesional dan memiliki gengsinya tersendiri.

Secara umum, Albert menilai setiap lokasi dan pusat bisnis di Jakarta memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pemilihan lokasi untuk ekspansi merupakan hasil riset mendalam untuk dapat mengakomodasi karakteristik dari setiap bisnis pada daerah tersebut.

"Bisa saja untuk mendekati konsumen mereka, atau untuk menghindari area macet demi menambah produktivitas," tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper