Piala Dunia 2018 Kerek Penjualan Nike Inc.

Usai pesta sepakbola piala dunia, World Cup 2018, Nike Inc. mulai meraup cuan seiring peningkatan penjualan. Bahkan, Nike mulai menyaingi produsen sepatu asal Jerman Adidas AG.
Nindya Aldila | 21 Juli 2018 18:41 WIB
Kylian Mbappe - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Usai pesta sepakbola piala dunia, World Cup 2018, Nike Inc. mulai meraup cuan seiring peningkatan penjualan. Bahkan, Nike mulai menyaingi produsen sepatu asal Jerman Adidas AG.

Pada momen final, 22 pemain jawara World Cup 2018 Prancis dan Kroasia kompak memakai jersey Nike dan hampir semuanya menggunakan sepatu kebanggaan Amerika Serikat tersebut.

Bert Hoyt, perwakilan Nike di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika mengatakan kemenangan Prancis telah meningkatkan permintaan koleksi tim Prancis di berbagai negara. Bahkan, jersey dari tim Inggris habis terjual hampir di setiap negara.

Nike tercatat telah menjadi sponsor bagi 10 tim piala dunia. Kendati tidak lebih banyak dari Adidas, tiga tim yang disponsori Nike masuk ke empat besar.

Sejumlah pemain yang menggunakan Nike di antaranya Luka Modric (Kroasia) yang terpilih sebagai pemain terbaik dalam turnamen, Harry Kane (Inggris) dengan gol terbanyak, Kylian Mbappe (Perancis) sebagai pemain termuda terbaik, dan Thibaut Courtois sebagai penjaga gawang terbaik.

“Pertumbuhan ini terus meningkat setelah babak keempat. Ketika itu produk global kami tumbuh hingga tiga digit,” katanya seperti dikutip Bloomberg, Jumat (20/7/2018).

Pada akhir Mei 2018, Nike mencatatkan pertumbuhan pendapatan dari produk sepak bolanya untuk yang pertama kali dalam empat tahun. Dalam lima liga Eropa paling bergengsi, tiga tim yang disponsorinya memenangkan pertandingan.

Sementara itu, pada tahun lalu, Adidas hampir menyapu bersih liga Eropa, memenangkan empat dari lima gelar liga, ditambah dengan turnamen Liga Champions dan Liga Europa.

Sejumlah strategi telah disiapkan Nike, seperti kerja sama dengan atlet terbaik agar ikut bersinar di panggung sepak bola.

Bloomberg mencatat, sebanyak 44% pemain World Cup 2010 menggunakan sepatu Nike. Sejak saat itu, persentasenya terus naik menjadi 53% di Brazil dan 65% pada tahun ini.

Namun, Adidas tidak menyerah. Meski sejumlah pemain yang disponsorinya telah pensiun, Adidas memprediksi penjualan jersey tahun ini bakal mengalahkan capaian tahun lalu yang mencapai 8 juta jersey.

Tag : nike, piala dunia 2018
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top